Manfaat Pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi

Setiap pasangan harus tahu manfaat pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi.

Manfaat Pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi

Beberapa manfaat pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi.

Bisa meningkatkan keberhasilan pembuahan. Dengan mengetahui riwayat kesehatan ibu dan ayah, termasuk juga keluarga ibu dan ayah. Dokter biasanya akan melakukan sejumlah tes seperti pap smear, tes darah atau uji lab sperma. Setelah itu dokter bisa memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan ibu dan ayah untuk meningkatkan keberhasilan pembuahan.

Bisa mengetahui resiko kesehatan yang bisa terjadi pada ibu, ayah dan janin. Dengan melakukan pemeriksaan prakonsepsi, dokter bisa mengetahui resiko kesehatan yang mungkin bisa menimpa ibu dan ayah serta janin. Dengan mengetahui hasil pemeriksaan prakonsepsi, dokter bisa merumuskan apa saja penyakit yang ada pada ibu dan ayah yang bisa menular pada anak.

Bisa melakukan pengobatan dini bila ada gangguan kesehatan. Jika dokter menemukan adanya gangguan kesehatan pada ibu dan ayah, maka dokter bisa melakukan terapi atau merekomendasikan terapi yang dibutuhkan seperti ketika ibu mengidap penyakit hipertensi, maka dokter akan memberikan obat dan melakukan terapi untuk mengontrol penyakit tersebut. Dengan begitu, resiko komplikasi yang terjadi saat kehamilan bida diturunkan/

Bisa mengantisipasi komplikasi yang terjadi di kehamilan ibu yang sebelumnya. Meskipun ibu sudah pernah melahirkan, namun pemeriksaan prakonsepsi ini penting untuk tetap dilakukan. Karena mungkin saja terjadi penurunan pada kesehatan ibu dan ayah dibanding dengan waktu melahirkan anak yang sebelumnya.

Demikian informasi mengenai manfaat pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil.

Manfaat Pentingnya melakukan pemeriksaan prakonsepsi | | 4.5