membangun rumah tangga yang islami

Membangun rumah tangga islami bukanlah seperti rumah tangga yang dibangun atas pondasi syahwat terhadap kecantikan, harta, pangkat, jabatan serta pesona dunia lainnya. Tetapi keluarga yang dibangun karena ketaatan kepada Allah.

Membangun rumah tangga yang islami seperti sakinah, mawaddah, dan rahmah, memang keinginan setiap insan. Ini adalah obsesi sah dan cita cita logis serta manusiawi, sehingga perlu direncanakan dan dirancang sesiap dan serinci mungkin. Dengan harapan Allah akan mewujudkannya. Niatkan diri secara sungguh sungguh lagi ikhlas untuk membangun keluarga yang hanya mengharapkan ridha Nya. Sebab dari sanalah akan terbentuk sebuah keluaga yang penuh dengan nilai nilai akhlak yang tinggi.

membangun rumah tangga yang islami

Cara membangun rumah tangga yang islami

Membangun rumah tangga yang islami haruslah rumah tangga yang ada kedamaian, kasih sayang dan rahmat dari Ilahi seperti sebuah surga di dunia. Istri yang hanya mencintai Allah maka akan berbakti kepada suami bukan agar suami mencintainya. Tidak heran kalau seorang istri mampu menunjukkan bakti dan kesetiaannya kepada sang suami dengan begitu tulus. Ketika suami pulang dari mencari nafkah atau bepergian, dia akan senantiasa menyambut dengan hati yang teramat tulus. Dari wajahnya terpancar keikhlasan. Meskipun  penampilannya sederhana, namun tetap indah dipandang suami.

Harus kita ketahui bahwa rumah tangga yang diliputi oleh ketenangan, cinta, dan kasih sayang, memang hanya dapat diwujudkan oleh pasangan suami istri yang saleh dan salehah. Suami dan istri yang memahami betul kewajiban masing masing untuk saling berbagi, mengokohkan kelebihan, dan menutupi segala kekurangan masing masing akan ikhlas menerima pasangan masing masing apa adanya baik fisiknya, intelektual, ekonomi, keturunan dan lain lain.

cara membangun rumah tangga yang islami

Pasangan kita adalah pakaian kita yang siapapun tidak ingin pakaiannya kumuh dan lusuh, melainkan enak dan nyaman. Oleh karena itu, sikap kehati-hatian saat memilih dan membelinya merupakan standard untuk mendapatkan pakaian yang baik. Demikian halnya dengan wanita, hendaklah memilih laki laki atau calon suami yang baik pemahaman agamanya, yang  mempunyai visi dan misi yang jelas dalam membangun keluarga, memiliki wibawa di hadapan istri dan anak anaknya, memiliki tanggung jawab memberi nafkah lahir serta batin, termasuk di dalamnya mengajarkan ilmu.

Demikian informasi mengenai membangun rumah tangga yang islami. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pasangan hidup menurut islam.

 

membangun rumah tangga yang islami | | 4.5