memimpin diri sendiri dan orang lain

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, semakin kuat pengaruh seseorang dimata orang lain maka semakin hebat kepemimpinannya. Seorang pemimpin dapat memimpin diri sendiri dan orang lain dapat mempengaruhi dan menunjuk pada kebaikan atau keburukan. Yang dibutuhkan adalah pemimpin yang berkemampuan mempengaruhi ke jalan kebaikan.

Kemampuan memimpin diri sendiri dan orang lain

Kalau ingin mengetahui mengapa sebuah rumah tangga, organisasi, atau negara bisa sukses, rahasianya yaitu terletak pada pemimpinnya yang mampu memimpin diri sendiri dan orang lain. Kalau pemimpinnya menunjukkan mutu tinggi, maka terangkat derajat semua yang dipimpinnya, tapi kalau pemimpinnya kurang bagus, maka akan menjadi contoh buruk untuk semuanya.

memimpin diri sendiri dan orang lain

Ada yang patuh kepada pemimpinnya karena diancam atau diberi sesuatu seperti hadiah dan imbalan. Pemimpin yang seperti itu bukanlah pemimpin sejati karena hanya bisa membuat orang patuh tetapi jiwanya tidak mengikuti secara ikhlas.

Sebaik baik pemimpin yang dipatuhi adalah karena dicintai. Pemimpin sejati tidak mengandalkan uang, jabatan dan kekuasaan, melainkan benar benar memimpin dengan hatinya karena hati tidak bisa disentuh kecuali dengan hati juga.  Mulai dari sekarang, usahakan satu hal sederhanya saja yaitu cobalah berlaku lemah lembut. Kekerasan di dalam ajaran Islam itu sangat menjadi alternative terakhir, bahkan bersabar itu jauh lebih baik lagi.

 

Memimpin diri sendiri dan orang lain seperti sebuah keluarga

Sewajarnya seorang suami mampu membimbing istri agar berakhlak mulia. Kalau punya uang berlebih, dibimbing supaya jadi ahli sedekah. Kalau ada waktu, bimbing supaya waktunya menjadi bermanfaat. Ingat bahwa kehormatan seorang suami bukan karena gelar, pangkat, kedudukan, harta, jabatan, maupun popularitas. Yang paling penting adalah suami harus berlemah lembut, menjadi contoh, dan dalam hal mendidik anak dan istrinya agar mampu mengenal Allah.

cara memimpin diri sendiri dan orang lain

Berumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah, jika tidak hati hati dalam menitinya maka ia akan menjadi bagian dari sebuah penderitaan yang tiada bertepi bagi siapapun yang menjalaninya. Hal yang dilakukan yang pertama yaitu harus  memohon kepada Allah dengan segala kelemahan diri agar Ia menolong dan mengaruniai kita pendamping terbaik dan anak yang shaleh dan shalehah.

Demikian informasi mengenai memimpin diri sendiri dan orang lain. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai alat ukur keuntungan dalam bisnis.

memimpin diri sendiri dan orang lain | | 4.5