Mempelajari Tentang Bumi

Mempelajari tentang bumi merupakan hal yang wajib dipelajari oleh setiap siswa siswi di sekolah dasar. Bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup berbentuk bulat pepat, bukan kotak atau datar seperti anggapan manusia pada zaman dahulu. Beberapa peristiwa yang dapat membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat sebagai berikut.

Mempelajari Tentang Bumi dalam kehidupan sehari hari.

  1. Awan dan gunung gunung tinggi di sebelah timur sudah tampak terang saat matahari akan terbit, sementara di sebelah barat masih tampak gelap.
  2. Jika kita berlayar terus ke satu arah, kita akan kembali ke tempat awal kita mulai berlayar.
  3. Jika kita memperhatikan kapal yang berlayar ke tengah laut maka yang mula mula hilang dari pandangan kita adalah badan kapal, kemudian tiang tiangnya. Akhirnya, seluruh badan kapal hilang dari pandangan kita.
  4. Foto bumi yang diambil dari satelit buatan menunjukkan bumi bulat.

Mempelajari Tentang Bumi Lewat Peta

Kita dapat mempelajari bumi dengan menggunakan peta atau Globe. Peta adalah gambaran permukaan bumi dalam bentuk datar, sedangkan globa adalah tiruan bentuk bumi. Di dalam peta atau globe terdapat tanda atau lambing dengan warna yang berbeda beda yang mana setiap warna atau lambing memiliki arti khusus.

Permukaan bumi berupa daratan dan perairan. 2/3 luas permukaan Bumi berupa perairan. Permukaan daratan dan perairan terdiri atas berbagai macam bentuk. Berikut diuraikan bentuk bentuk permukaan daratan dan perairan.

Bumi

Mempelajari Tentang Bumi yang pertama melalui daratan.

* Daratan

Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air laut. Sebagian besar dari daratan berbentuk benua. Benua adalah daratan yang paling luas. Di Bumi ini ada 5 benua yang  terhampar, yaitu benua Asia, Australia, Afrika, Eropa dan Amerika. Secara umum, daratan terdiri atas gunung, pegunungan, bukit, perbukitan, lembah, jurang, dataran tinggi dan dataran rendah.

Gunung.

Gunung adalah daratan yang menjulang tinggi. Pembentukan gunung terjadi karena tenaga endogen, yaitu tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan lapisan batuan di kulit bumi terangkat ke atas. Ada tigag bagian gunung yaitu puncak gunung, lereng gunung, dan kaki gunung.

Pegunungan

Pegunungan adalah kumpulan beberapa gunung yang berdiri saling berdekatan. Contoh pegunungan adalah pegunungan Himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dapat dikelompokkan menjadi tiga :

  1. Pegunungan rendah, yaitu pegunungan dengan ketinggian 200 – 500 m.
  2. Pegunungan menengah, yaitu pegunungan dengan ketinggian 500 – 1500 m.
  3. Pegunungan tinggi, yaitu pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1500 m.
  4. Bukit dan perbukitan

Bukit adalah daratan yang tinggi, tetapi lebih rendah dari gunung dan pegunungan. Daerah perbukitan dapat digunakan untuk menanam sayuran dan jenis jenis bunga. Namun, bukit yang terjal tidak dapat digunakan untuk menanam.

Lembah dan jurang.

Lembah merupaakn tanah rendah yang luas di kaki gunung. Lembah dibatasi oleh dinding dinding lereng gunung. Lembah yang dalam, sempit dan dindingnya curam disebut jurang.

Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki ketinggian 200 sampai 1500 m di atas permukaan laut. Dataran tinggi terletak di tempat tinggi atau sekitar pegunungan. Dataran tinggi biasanya memiliki udara yang sejuk dan segar. Makin tinggi letak suatu daerah dari permukaan air laut, maka makin rendah suhu di daerah tersebut. Karena sifat ini, maka di dataran tinggi banyak dibangun tempat untuk peristirahatan.

Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan daerah yang lebih banyak ratanya atau merupakan tanah datar yang luas dengan ketinggian 0 sampai 200 m dari permukaan air laut. Dataran rendah ini digolongkan menjadi dua macam yaitu dataran rendah yang kering dan dataran rendah yang berair atau rawa.

Mempelajari Tentang Bumi yang kedua melalui perairan.

Mempelajari Tentang Bumi

* Perairan

Perairan adalah ketampakan permukaan bumi yang ditutupi oleh air. 2/3 permukaan bumi terdiri atas perairan. Ada 2 jenis perairan, yaitu perairan mengalir dan tidak mengalir (tergenang). Wilayah perairan sebagai berikut :

Sungai.

Sungai adalah salah satu bentuk perairan mengalir. Air sungai mengalir dari hulu menuju hilir. Hulu sungai biasanya terletak di gunung. Hilir sungai terletak di dekat laut. Tempat berakhirnya air sungai di laut dinamakan muara. Sungai dapat mempunyai beberapa cabang. Cabang cabang sungai dinamakan anak sungai.

Danau.

Danau adalah daerah cekungan di daratan yang berisi air. Danau ada yang terjadi ssecara alami dan ada yang buatan manusia. Danau yang secara alami, airnya berasal dari mata air. Sedangkan danau buatan dibuat dengan cara membendung air sungai. Contoh danau adalah Danau Toba.

Laut, Pantai dan Samudra.

Kumpulan air asin yang menghubungkan daratan yang satu dengan daratan yang lain disebut laut. Laut yang sangat luas dan dalam disebut samudra, misalnya Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Laut sempit di antara pulau pulau disebut selat. Contohnya selat sunda dan selat malaka. Daratan dan laut dibatasi oleh pantai. Pantai dapat membentuk tanjung dan teluk. Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut, sedangkan teluk adalah laut yang menjorok ke daratan. Wilayah laut setelah pantai dinamakan lepas pantai.

Demikianlah informasi mengenai Mempelajari tentang bumi. untuk melihat artikel terbaru silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya tentang jenis jenis awan.

Mempelajari Tentang Bumi | | 4.5