Menanamkan dan Mendidik Anak Perempuan

Menanamkan dan mendidik anak perempuan anak sangat penting apalagi anak sudah menginjak bangku sekolah. Meskipun anak dalam usia yang masih sangat muda, mereka tetap saja membutuhkan kemandirian sebagai kebutuhan fisik mereka. Anak akan memperoleh kebiasaan dengan apa mereka bermain, apa yang mereka senangi untuk dimakan, dan kapan waktu mereka untuk tidur. Kesemua hal tersebut merupakan kebutuhan fisik mereka. Cara menanamkan kemandirian pada anak diantaranya adalah dengan melakukan pendekatan, seperti memberikan kasih sayang yang dibutuhkan oleh anak.

Mandiri berarti anak yang kreativitasnya baik, apalagi dalam hal mendidik anak perempuan tentu tidak mudah, untuk itu guru memerlukan kemampuan untuk menciptakan suasana belajar yang merangsang anak lebih ingin mengetahui materi pelajaran, senang bertanya, dan berani mengajukan pendapat serta melakukan percobaan yang menuntuk pengalaman baru.

Mendidik anak perempuan

Mendidik anak perempuan dan laki laki untuk mandiri

Kepercayaan. Suasana sekolah yang terasa asing dan berat bagi anak anak karena harapan orangtua dan guru agar menjadi anak yang baik, maka perlu ditanamkan rasa percaya diri dalam diri anak anak dengan memberikan kepercayaan untuk melakukan sesuatu yang mampu dilakukan sendiri.

  1. Dengan memberikan kebiasaan yang baik kepada anak perempuan adalah salah satu cara mendidik anak perempuan sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, melayanai dirinya sendiri, mencuci tangan, meletakkan mainan pada tempatnya dan lain lain.
  2. Komunikasi merupakan hal penting dalam menjelaskan tentang kemandirian kepada anak dengan bahasa yang mudah dipahami.
  3. Kemadirian erat kaitannya dengan disiplin yang merupakan proses yang dilakukan oleh pengawasan dan bimbingan orangtua dan guru yang konsisten.

Mendidik anak perempuan dan laki laki untuk mandiri

Anak yang mandiri akan tumbuh menjadi anak yang berprestasi, dan anak yang mandiri akan mudah menyesuaikan diri, dia akan mudah untuk diterima oleh teman teman, anak anak di sekitarnya sehingga kecerdasan anak semakin berkembang.

Sebaliknya anak yang tidak mandiri mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga ia memiliki kepribadian yang kaku dan menyusahkan orang lain, tidak percaya diri, tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik, akibatnya prestasinya bisa kurang maksimal, selalu bergantung pada orang lain.

Indicator kemandirian anak usia dini yaitu kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi dan mampu mengendalikan emosi.

Menanamkan kemandirian pada anak akan menghasilkan kemandirian pada setiap anak itu berbeda dan perbedaan itu tentu sesuai dengan kultur darimana anak berasal, selain itu setiap keluarga juga memiliki aturan tersendiri, sehingga kemandirian merupakan ciri khas dari keluarga tersebut. Demikian juga dengan strategi pembelajaran dimana masih ada guru yang menggunakan strategi yang kurang tepat, sehingga menghambat kemandirian anak, namun sebaliknyaada pula guru yang menggunakan strategi yang tepat sesuai dengan minat dan bakat anak, sehingga anak diberikan kebebasan dalam menentukan pilihan. Strategi seperti ini menjadikan anak tumbuh menjadi lebih mandiri.

Mendidik anak perempuan dan laki laki untuk mandiri sejak dini

Pengembangan kemandirian dapat terwujud apabila disertai oleh kesadaran orangtua tentang betapa pentingnya arti kemandirian bagi anak, untuk itu diperlukan latar belakang pendidikan dalam mewujudkan kemandirian anak serta kematangan usia ketika mereka memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Demikian informasi mengenai menanamkan dan mendidik anak perempuan. Untuk melihat artikel terbaru silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai jenis jenis kemandirian anak.

Menanamkan dan Mendidik Anak Perempuan | | 4.5