Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yaitu membangun suasana belajar yang kondusif di dalam kelas, guru dapat mengubah perannya sesuai dengan suasana yang diinginkan. Dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru sebagai pengambil inisiatif.

Guru yang baik adalah orang yang penuh dengan inisiatif. Dengan begitu guru tidak boleh pasif, diantara hal yang harus dilakukan oleh guru adalah menciptakan secara kreatif konteks belajar. Selain itu, guru harus berinisiatif dalam mendorong semangat peserta didiknya untuk belajar memecahkan masalah, mengidentifikasi serta menemukan kebutuhan mereka.

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Guru sebagai pengamat peserta didik

Guru yang baik harus terampil mengamati peserta didik, baik ketika anak asuhannya itu bekerja atau bermain. Guru di kelas dengan pendekatan harus mengetahui perkembangan kemampuan peserta didiknya.

Guru sebagai mediator

Belajar yang optimal memerlukan kemampuan belajar yang dapat mendukung dan memudahkan, tanpa mengawasi dengan ketat, tanpa memberikan tekanan, tanpa merusak atau menghalangi terwujudnya proses belajar. Sebagai mediator, guru hadir di tengah tengah peserta didiknya untuk mendorong terjadinya interaksi, sebagai mediator dalam pembelajaran.

Kompetisi adalah bersaing satu sama lain untuk meraih tujuan dan hanya satu atau sedikit peserta didik yang mampu meraihnya. Sedangkan kompetitif adalah persaingan satu sama lainnya untuk meraih tujuan yang bersifat individu, mencari keuntungan untuk diri sendiri.

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan juga memerlukan suasana belajar yang kompetitif.

Suasana belajar yang kompetitif adalah suasana belajar yang lebih tepat diberikan bila peserta didik perlu melihat materi yang dipelajari. Salah satu tugas dari guru adalah memberikan motivasi kepada anak didiknya untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin secara efektif dan produktif. Dalam memberikan motivasi tersebut guru harus melihat kepada prinsip prinsip motivasi yang dapat dijadikan acuan, dan salah satu prinsipnya adalah prinsip kompetisi di mana anak bersaing secara sehat baik inter maupun antar pribadi, sebab motivasi itu mengandung tiga unsure yaitu mendorong terus menerus, memberikan kekuatan pada suatu perilaku dan mengatur perlaku.

Demikian informasi mengenai menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Untuk melihat artikel terbaru lainnya silahkan lihat di Home. Artikel selanjutnya mengenai kemandirian anak usia dini.

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan | | 4.5