Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya

Setiap orang tua harus bisa Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya. Ketika anak memasuki prasekolah atau berusia 5 tahun, ibu bisa mengajarkan anak tentang anggota tubuhnya sendiri.

Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya

Cara Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya.

Alat kelaminnya adalah milik pribadi yang tidak boleh disentuh orang lain. Ajari anak untuk terus menutupi area pribadinya. Tidak ada yang boleh melihat apalagi menyentuhnya. Orangtua, dokter, suster atau orang lain yang berkepentingan juga bisa diperbolehkan untuk melihat dan menyentuhnya tapi harus melalui persetujuan anak terlebih dahulu.

Jangan malu dan takut untuk melapor pada orangtua. Ketika mendapatkan atau akan mendapatkan perbuatan senonoh, anak harus tahu melindungi dirinya dengan berteriak tolong dan segera melaporkan pada orangtuanya.

Katakan pada anak bahwa ia harus tegas dengan jawaban tidak ketika ada orang lain yang mulai mengeksploitasinya.

Ajak anak untuk sering bercerita pada orangtua. Jadikan orangtua tempat anak menumpahkan keluh kesah dan segala permasalahannya. Beritahu anak bahwa dengan menyimpan masalah sendiri tidak akan memecahkan masalah dan membuatnya makin sedih dan depresi.

Pengetahuan tentang alat kelaminnya sangat penting bagi anak untuk melindunginya dari tindakan tindakan tidak senonoh pada dirinya.

Demikian informasi mengenai Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mengetahui tahap perkembangan bicara pada balita.

Mendidik anak agar bisa melindungi alat kelaminnya | | 4.5