Mengetahui tanda dan tahap persalinan

Setiap ibu hamil yang akan melalui masa persalinan perlu mengetahui tanda dan tahap persalinan.

Mengetahui tanda dan tahap persalinan

Cara mengetahui tanda dan tahap persalinan.

Lightening yaitu ketika kepala bayi sudah turun dan memasuki rongga panggul.

Mulai keluarnya lendir bercampur darah dari vagina.

Pecahnya air ketuban.

Terjadi kontraksi yang timbul secara tidak teratur. Tetapi bila terjadi kontraksi konstan dengan interval kurang dari 10 menit bisa menandakan persalinan akan segera terjadi.

Proses persalinan dibagi dalam beberapa tahap yaitu

Fase 1 yaitu pembukaan leher rahim atau servis sangat lambat yaitu 10 cm selama 14 jam. Timbul kontraksi dan keluarnya lendir bercampur darah. Kontraksi rahim ini berlangsung selama 1 menit setiap 10 menit sekali,

Fase 2 yaitu kontraksi semakin cepat yaitu 3 menit sekali. Kepala bayi sudah berada di rongga panggul dan memutar hingga mencapai dasar, kontraksi rahim akan menekan otot panggul yang membuat ibu untuk mengejan, dengan bantuan kontraksi rahim, ibu akan mengejan untuk mendorong bayi segera lahir.

Fase 3, setelah beberapa menit bayi lahir, rahim berkontraksi kembali untuk melepaskan plasenta dari dinding rahim kira kira 15 menit setelah bayi lahir.

Fase 4. Plasenta sudah keluar lengkap dan dokter akan melakukan pengamatan terhadap kemungkinan munculnya pendarahan pasca melahirkan.

Setelah mengetahui hal diatas, tidak ada salahnya ibu untuk mengajak ayah untuk mengetahuinya juga. Sehingga bisa segera menolong ibu untuk dibawa ke rumah sakit setempat.

Demikian informasi mengenai Mengetahui tanda dan tahap persalinan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa jenis kelainan kulit selama hamil.

Mengetahui tanda dan tahap persalinan | | 4.5