Mengubah anak bandel menjadi anak sholeh

Memiliki anak sholeh merupakan impian setiap orang tua yang beriman. Ada beberapa tips yang bisa orang tua terapkan untuk mendapatkan anak sholeh yang bisa menjadi penyejuk mata, hati dan penolong di masa tua, dan akhirat kelak.

Tips sederhana untuk mengubah anak bandel menjadi anak sholeh

Memberikan keteladanan yang baik dalam keluarga

Mengubah anak bandel menjadi anak sholeh

Orangtua adalah cermin anak yang akan meniru perilaku sang orang tua. Orang tua juga menjadi teladan yang paling pertama ditiru oleh sang anak. Jika orangtuanya hanya bergosip, menonton sinetron dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak berguna maka sang anak akan meniru juga kegiatan orang tuanya sehari hari. Akan menjadi aneh jika kita ingin anak hormat pada orang lain, tetapi kita tidak memberikan rasa hormat dan kasih sayang juga kepada sang anak. Ingatlah para orang tua, anak adalah cermin dirimu sendiri. Jika ingin mendapatkan anak yang sholeh maka harus dimulai dari diri orangtua dulu.

Banyak berdiskusi dengan anak mengenai apa yang dialaminya

Semakin sering orang tua mengajak anak berdiskusi mengenai hal hal yang penting baik bagi keluarga maupun dirinya, maka anak akan lebih mengerti posisinya dalam keluarga. Apa yang harus ia lakukan untuk menjaga nama baik keluarganya terlebih lagi menjaga akidah agamanya.

Menasehati dan menceritakan kisah-kisah inspiratif

Menasihati dan menceritakan kisah kisah inspiratif saat anak anak sedang sendiri, sedang bermain bisa membuat anak mengingat nasihat nasihat yang diberikan oleh orang tuanya menjadi lebih lama. Berikan kisah yang memiliki nasihat tentang kehidupan sehingga sang anak bisa menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi hidupnya kelak.

anak sholeh yang diinginkan

Mengajak anak untuk menyelesaikan masalah

Meskipun anak masih kecil, namun tetap ajari mereka memecahkan masalah. Mulailah dari masalah kecil, kemudian seiring bertambahnya umur dan kemampuannya tingkatkan pula kesulitan masalah.

Gunakan senjata yang palih ampuh yaitu doa.

Selalu mendoakan anak disetiap kesempatan yang kita punya. Berdoalah agar anak ini menjadi anak sholeh yang tahu berbakti pada orang tuanya dan bisa sebagai ladang amal bagi orang tua di akhirat kelak.

Demikian informasi mengenai mengubah anak bandel menjadi anak sholeh. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home, artikel berikutnya mengenai ciri dan karakteristik anak autis.

Mengubah anak bandel menjadi anak sholeh | | 4.5