menjadi jiwa yang tenang

Yang perlu dihindari untuk menjadi jiwa yang tenang

Tidak bersyukur terhadap nikmat.
Mencintai ilmu tanpa melaksanakannya.
Berbuat dosa dan mengakhirkan taubat.
Bersahabat dengan orang-orang yang shalih tetapi tidak meneladani perbuatan mereka.
Mengakui rendahnya dunia tetapi mengejarnya.
Mempercayai akhirat tetapi meremehkannya.

agar jiwa yang tenang
Kecenderungan orang yang berhati sakit untuk melakukan keenam hal diatas yaitu disebabkan oleh tidak adanya rasa cinta dan rasa takut, lemahnya keyakinan, lemahnya hati kecil (nurani), lemahnya jiwa, serta menggantikan sesuatu yang baik dengan sesuatu yang hina.

Kesedihan yang terus terjadi bisa mempengaruhi suasana hati. Sementara hati akan menjadi hitam pekat kalau selalu dirundung kesedihan karena meratapi hilangnya dunia yang sangat ingin dikejarnya. Namun sebaliknya jikalau kesedihan itu karena meratapi sesuatu yang hilang dari urusan ukhrawi akan membuat hati menjadi tenang dan tenteram.

Menjadi jiwa yang tenang maka harus mengetahui hal dibawah ini

Hati akan bersinar dengan kesedihan karena menyesal atas habisnya umur yang dihabiskan sia-sia tanpa amal yang bermanfaat.

menjadi jiwa yang tenang
Hati akan bersinar dengan kesedihan karena menyesal atas maksiat yang telah dikerjakan dan belum bertaubat, sehingga hati menjadi takut kalau hal itu akan menghalangi diri dari masuk surga Allah.

Hati akan bersinar dengan kesedihan karena menyesal atas tindakan menyia-nyiakan hukum Allah dengan mengambil hukum-hukum manusia.

Hati akan bersinar dengan kesedihan karena menyesal atas terhinanya kaum muslimin karena kaum muslimin telah dikuasai oleh orang-orang kafir.

jiwa yang tenang

Hati akan bersinar dengan kesedihan karena menyesal atas perpecahan yang terjadi di tubuh ulama karena sifat egoisme mereka yang hanya sibuk dengan urusan pribadi tanpa memikirkan tujuan dakwah yang lebih utama.

Demikian informasi mengenai menjadi jiwa yang tenang. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai menghindari bosan dengan pasangan dalam rumah tangga.

menjadi jiwa yang tenang | | 4.5