Menjaga anak gendut agar tetap sehat

Setiap orangtua yang memiliki anak gendut harus tahu cara menjaga anak gendut agar tetap sehat. Kita sering gemas jika melihat bayi atau anak yang bertubuh gemuk. Tidak Cuma itu, anak gendut juga sering disalah artikan sebagai anak sehat. Itulah mengapa orangtua berusaha agar anak mereka menjadi anak gendut. Namun, benarkah anak yang gemuk selalu sehat? Tidak, sebab anak gendut  justru rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan.

Anak gendut yang mengalami masalah gizi cenderung apatis, kurang konsentrasi, kurang cerdas, minder, dan kurang aktif. Berbeda dengan anak sehat yang biasanya lebih aktif, perkembangan motoriknya cepat, perkembangan kemampuan berbahasa dan analisa nya cukup baik. Jika ada anak yang tidak memenuhi kemampuan seperti itu, bisa jadi anak tersebut mengalami masalah gizi, meskipun anak gendut itu kelihatan sehat.

agar anak gendut tetap sehat

cara menjaga anak gendut agar tetap sehat

Konsumsi lemak yang sehat

Selalu masukkan dalam menu makan anak kandungan lemak sehat. Ganti lemak seperti yang didapat dari mentega dan margarine dengan lemak dari kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

Membuat rencana pola makan sehat

Selalu libatkan anak dalam membuat perencanaan pola makan, hal ini dilakukan agar suasana lebih menyenangkan dan juga bisa mengajarkan pada anak mengenai makanan sehat. Ketika anak mengetahui manfaat dari makanan sehat yang dia konsumsi, maka ia tidak akan membuang atau menyisakan makanan yang terbukti ada manfaatnya bagi tubuhnya.

Berikan anak minuman shake, jus buah dan smoothies

Banyak minuman enak dan memiliki kandungan kalori tinggi seperti minuman shake dan smoothies. Agar anak tidak bosan, tambahkan buah buahan seperti stroberi, pisang, dll, atau tambahkanlah yoghurt ke minuman tersebut. Anda juga bisa menambahkan sayuran dalam soothie dan pemanis alami lainnya.

Jangan memberi anak makanan cepat saji

Banyak kandungan jelek yang terkandung dalam makanan cepat saji, seperti gula, garam serta lemak jenuh tinggi. Sesuai dengan namanya fast food atau junk food karena memiliki kalori rendah dan beberapa bahan yang tidak baik untuk dikonsumsi tubuh. Ada tiga jenis lemak yang dibutuhkan tubuh yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh, sedangkan pada junk food hanya memiliki lemak jenuh saja.

dampak buruk kesehatan anak gendut

Memberikan anak suplemen penambah nafsu makan

Suplemen peningkat nafsu makan pada anak biasanya mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B kompleks dan bebepa bahan atau nutrisi aktif lainnya. Biasanya suplemen penambah nafsu makan tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa yang enak.

Demikian informasi mengenai Menjaga anak gendut agar tetap sehat. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home, artikel berikutnya mengenai cara menghadapi anak nangis.

Menjaga anak gendut agar tetap sehat | | 4.5