Menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya

Setiap orangtua harus tahu menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya. Ini dilakukan agar potensi yang dimiliki anak bisa menjadi prestasi yang membanggakan saat ia besar nanti.

Menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya

Cara menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya.

Anak yang pintar dengan bahasa. Ciri cirinya yaitu anak mampu mengingat dengan baik, mampu menyebutkan banyak nama benda, bisa bercerita, mampu merangkai kata kata dan mengeja dengan baik. Untuk anak yang memiliki kepintaran bahasa ini ibu bisa melatih anak dengan membacakan cerita, mendengarkan anak ketika bercerita, bermain peran atau drama serta bermain tebak kata.

Anak yang pintar dengan angka. Ciri cirinya yaitu anak bisa menggunakan rumus matematika secara benar dan mampu menyelidiki hal sederhana dengan cara ilmiah. Ibu bisa melatih kemampuan anak ini dengan menghitung jumlah benda benda yang ada di ruangan, menyuruh anak untuk menyusun benda sesuai warna dan bentuknya serta bermain eksperimen sains sederhana bersama anak yang banyak tersedia informasi dan tutorialnya di internet.

Anak yang pintar dengan gambar. Ciri cirinya yaitu anak peka dan sensitif ketika melihat gambar dan bisa berpikir dalam gambar. Kegiatan yang bisa ibu lakukan bersama anak yang memiliki kecerdasan inia dalah dengan sering menggambar, mewarnai, melukis, menyusun puzzle, dan bermain kontruksi gambar.

Anak yang pintar bermusik. Ciri cirinya yaitu anak peka terhadap suara, senang mendengar musik, tertarik memainkan alat musik dan mampu mengingat melodi lagu. Daftar kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak yang memiliki kecerdasan di bidang ini adalah dengan sering mendengarkan drama musikal atau lagu anak, atau mengikuti kursus musik untuk anak.

Anak yang memiliki kecerdasan gerak. Ciri cirinya yaitu bisa mengontrol gerakan tubuhnya, lebih bisa menyeimbangkan tubuh, tangkas dan terkesan anggun ketika bergerak. Kegiatan yang bisa ibu lakukan bersama anak yang memiliki kecerdasan gerak ini adalah dengan mengikutkan anak les olahraga seperti berenang, bela diri atau sepak bola, atau menonton lomba olahraga yang disukai anak.

Anak yang pintar bersosial. Ciri cirinya yaitu mudah berkomunikasi dengan orang lain dan terlihat gampang berbaur dengan orang disekitarnya. Kegiatan yang bisa ibu lakukan bersama anak yang pintar bersosial ini adalah mengatur jam main anak dengan anak anak lainnya, mendorong anak untuk tetap aktif bermain dengan teman sebayanya di sekolah dan memancing anak untuk menceritakan apa saja yang ia lakukan ketika bermain dengan temannya.

Anak yang pintar pada hal hal yang menyangkut dengan alam. Ciri cirinya yaitu senang berkegiatan di alam, senang berkebun, tertarik pada peristiwa alam dan senang memelihara hewan. Kegiatan yang bisa ibu lakukan dengan anak yang memiliki kepintaran ini adalah dengan memelihara hewan, berkebun, berkemah secara rutin, rutin membawa anak jalan jalan ke tempat wisata alam dan membawa anak untuk bermain flying fox.

Demikian informasi mengenai Menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai hal penyebab bayi lahir prematur.

Menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya | | 4.5