Metode Mengajar Matematika

Metode mengajar matematika memang tidak jauh berbeda dengan mengajar pelajaran lain selain matematika. Metode mengajar adalah salah satu kunci pokok di dalam keberhasilan suatu pengajaran, karena dengan menggunakan metode mengajar yang sesuai. Oleh karena itu tujuan yang diharapkan dapat tercapai atau dapat terlaksana dengan baik. Sebab fungsi metode mengajar sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode mengajar yang diterapkan akan efektif jika menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan dan efisien jika penerapannya dalam mencapai tujuan yang diharapkan relative menggunakan tenaga, usaha, biaya dan waktu yang kecil.

Cara mengajar yang lebih baik akan menyebabkan hasil belajar anak lebih baik. Guru perlu menguasai dan menggunakan metode mengajar matematika yang paling tepat untuk setiap topik yang akan diajarkan. Di samping itu guru juga harus memiliki pengetahuan yang luas dalam bidangnya. Berikut ini prinsip matematika dan psikologis yang perlu diperhatikan oleh seorang guru menurut E.T. Ruseffendi.

mengajar matematika

Metode mengajar matematika

  1. Guru harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang matematika modern.
  2. Guru harus mengetahui tingkat perkembangan mental anak (sesuai dengan umur anak)
  3. Belajar matematika bagi seorang anak merupakan proses yang berkelanjutan, sehingga diperlukan pengetahuan dan pengertian dasar matematika yang baik pada permulaan belajar untuk belajar selanjutnya.
  4. Program matematika supaya diberikan secara bertahap, agar si anak secara bertahap dapat mengkonsolidasikan konsep konsep melalui kegiatan praktis dan teoritis.
  5. Sesuai dengan masih sederhananya bahasa yang dimiliki anak, maka bahasa yang pertama kali digunakan sebaiknya sesederhana mungkin.
  6. Dalam hal mengambil contoh contoh agar diambil contoh contoh yang setiap hari telah dikenal anak anak.
  7. Memberikan pelajaran secara bertahap menurut tingkat kesukarannya, supaya diperhatikan betul betul sesuai dengan kemampuan dan tingkat berpikir anak, yaitu yang berpikir mulai dari yang konkret, semi konkret, semi abstrak, dan abstrak.
  8. Belajar akan lebih efektif jika anak anak diberi kesempatan berpartisipasi, dirangsang untuk menyelesaikan problem problem.
  9. Mereka harus diberi kesempatan bekerja dalam grup untuk bekerja sama menyelesaikan problem problem.
  10. Anak anak di dalam proses belajar mengajar supaya digolongkan menurut kecakapannya.
  11. Dalam mengevaluasi hasil belajar merek harus dimulai dari awal sampai akhir. Tidak saja evaluasi itu diadakan pada akhir tahun, semester, melainkan setiap saat dinilai agar evaluasi yang dilakukan oleh guru lebih mendekati kebenaran.

Demikianlah informasi mengenai metode mengajar matematika. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home page. Artikel berikutnya mengenai arti anak berbakat adalah.

Metode Mengajar Matematika | | 4.5