Pentingnya ayah belajar Ilmu Parenting

Setiap orang terutama laki laki harus tahu pentingnya ayah belajar ilmu parenting. Jangan hanya menyerahkan tugas merawat anak pada istri. Karena laki laki juga memegang peranan penting dalam perkembangan mental dan fisik anak.

Agar ayah mau belajar tentang ilmu parenting maka ibu perlu memberikan pemahaman dan komunikasi yang baik pada suami. Perlu diketahui bahwa modal utama seorang ayah belajar ilmu parenting adalah harus menjadi sosok yang berakhlak baik. Setelah itu perbanyaklah membaca, berdiskusi, berperan aktif dalam mengasuh dan mendidik anak sesuai jamannya.

pentingnya ayah belajar ilmu parenting

Betapa pentingnya ayah belajar ilmu parenting

  1. Ayah yang sudah belajar ilmu parenting pasti akan melakukan hal yang seharusnya dilakukan saat istri mengandung. Mulailah dengan memberi dukungan seperti menemaninya  memeriksa kandungan, menemani senam hamil atau berolahraga, perkaya diri dengan ilmu tentang kehamilan dan menyusui,  ikut kelas merawat bayi baru lahir, bangun ikatan batin ataubondingdengan bayi sedini mungkin melalui rajin mengajak ngobrol dan lain sebagainya. Dan jangan lupa untuk kiut serta dalam mengurusi pekerjaan rumah tangga, agar istri menjalani kehamilan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk bersabar menghadapi kondisi istri yang semakin lemah dan mood yang sering naik turun.
  2. Ketika istri melahirkan; temanilah ia dan lihat perjuangannya saat melahirkan. Perlu diketahui oleh para ayah bahwa ia lebih mengutamakan nyawa anakmu dibandingkan nyawanya sendiri. Akankah engkau memarahi dan menyakiti hatinya lagi? Berikanlah ucapan terima kasih yang tulus terhadap perjuangannya.
  3. Ketika bayi lahir, ketahuilah bahwa anda tidak lagi menjadi prioritasnya. Bantulah istri anda mengurusi pekerjaan rumah, belikan makanan kesukaannya, belajarlah mengurusi bayi (memandikan, mengganti popok, mengajak jalan-jalan).
  4. Jangan biarkan istri melakukan pekerjaan rumah sambil merawat anak sendirian. Jangan biarkan istri kelelahan tanpa dibantu oleh anda sebagai suaminya.
  5. Teruslah berbuat dan berakhlak baik, karena 0-5 tahun pada anak adalah masagolden ageyang mana mereka akan menyerap dan mengingat apaun yang dilihat dan dirasakan.

betapa Pentingnya ayah belajar Ilmu Parenting

Demikian informasi mengenai pentingnya ayah belajar ilmu parenting. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pentingnya mendampingi anak saat menonton tv.

Pentingnya ayah belajar Ilmu Parenting | | 4.5