Pentingnya mendampingi anak saat menonton TV

Setiap orangtua perlu tahu pentingnya mendampingi anak saat menonton TV. Pernahkan anda mendampingi anak menonton TV dan membicarakan konten acara TV tersebut? Banyak acara sekarang yang tidak ramah untuk anak, dan anda masih membiarkan anak anda menonton TV bahwa sampai larut malam?

Pentingnya mendampingi anak saat menonton TV

Manfaat pentingnya mendampingi anak saat menonton TV

Orangtua perlu tahu bahwa ada banyak program di TV seperti berita, iklan, komedi dan drama. Kita perlu memberitahu perbedaan antara konten program tersebut pada anak. Misalnya ketika iklan muncul, katakan pada anak bahwa ini iklan dan tujuannya untuk membujuk atau merayu penontonnya untuk membeli atau mengikuti apa yang diinginkan iklan tersebut. Perbincangan mengenai tontonan di TV harus dilakukan secara ringan dan mendidik.

Beritahu anak bahwa acara di TV menggunakan beberapa spesial efek. Seperti bagaimana proses ledakan yang dilebih lebihkan, bagaimana teks berjalan ketika menonton berita, bagaimana suatu kejadian yang lucu dan aneh bisa terjadi dengan bantuan teknologi.

Ajari anak bahwa acara TV dimaksudkan untuk mencari keuntungan. Sehingga anak bisa belajar bahwa ia harus pilah dan pilih terhadap informasi yang diberikan oleh media TV.

Beritahu anak bahwa acara TV yang paling menguntungkan adalah hiburan. Baik itu berhubungan dengan musik dan komedi. Hal ini dimaksudkan agar anak tahu bahwa apa yang diberikan beberapa acara bukan untuk dibawa serius melainkan untuk dibawakan senda gurau saja.

Jika kesadaran tentang media sudah tumbuh pada diri anak, maka anak akan pandai memilih isi media mana yang bagus dan mana yang tidak, acara TV yang pantas ditonton atau tidak, dan juga pesan tersembunyi yang terkandung dalam acara TV.

manfaat Pentingnya mendampingi anak saat menonton TV

Demikian informasi mengenai pentingnya mendampingi anak saat menonton TV. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai ciri anak suka dengan sekolah barunya.

Pentingnya mendampingi anak saat menonton TV | | 4.5