Penyebab alami bayi sering kaget saat tidur

Setiap orangtua perlu mengetahui penyebab alami bayi sering kaget saat tidur supaya tidak khawatir berlebihan. Mungkin kita sering melihat anak bayi yang sedang terlelap tiba tiba kaget kemudian kembali tidur seolah tidak terjadi apa apa? Tentu orangtua akan khawatir melihat peristiwa itu. Yang perlu ayah dan ibu tahu adalah hal tersebut tak perlu dikhawatirkan karena itu adalah hal normal.

Gerakan kaget saat tidur pada bayi yang merupakan bentuk refleks dari sebagian mekanisme adaptasi manusia. Ini disebut juga dengan refleks kejut atau startle reflex yang membantu bayi menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Saat bayi mengalami kaget saat tidur, ini menandakan bahwa otot-otot refleks bayi bekerja dengan baik sekaligus memperlihatkan daya pendengarannya juga berfungsi dengan baik. Peristiwa kaget mendadak pada bayi ini akan hilang perlahan lahan hingga usianya 5 bulan.

Penyebab alami bayi sering kaget saat tidur

Beberapa penyebab alami bayi sering kaget saat tidur.

Refleks Rooting.

Refleks ini adalah sentakan mendadak yang mendorong bayi untuk menemukan payudara ibunya untuk menyusu. Ketika ibu mendekatkan puting susu ke arah pipi atau mulut bawah bayi, secara otomatis mulut bayi akan terbuka dan mencari dimana puting ibunya berada.

Refleks Sucking.

Refleks ini adalah refleks hisap otomatis yang dimiliki bayi. Ketika puting ibu disodorkan pada bayi, maka bayi akan secara otomatis menghisang puting susu tanpa ada yang mengajarinya.

Refleks Babinski.

Refleks ini muncul ketika telapak kaki si kecil disentuh. Si adek bayi akan langsung menarik kakinya secara spontan atau mengembangkan jari-jarinya ketika telapak kakinya disentuh.

Refleks Palmar Grasp.

Refleks ini berkaitan dengan genggaman tangan. Ketika ayah atau ibu memegang telapak tangan si kecil, maka ia akan langsung menggenggamnya.

Refleks Tonic Neck.

Refleks ini muncul sebagai cara dalam mempertahankan posisi leher atau kepala yang muncul saat ia ditelentangkan. Kepala bayi akan berpaling ke satu sisi sementara badannya tetap terlentang.

beberapa Penyebab alami bayi sering kaget saat tidur

Demikian informasi mengenai penyebab alami bayi sering kaget saat tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara membuat orangtua bahagia di masa tua.

Penyebab alami bayi sering kaget saat tidur | | 4.5