Penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya

Setiap orangtua perlu tahu penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya. Penyebab anak berkata bohong banyak sekali. Yang pertama yaitu untuk melindungi diri (self defense). Biasanya anak yang suka berbohong untuk melindungi diri ketika hidup di lingkungan yang menerapkan hukuman yang keras. Jadi jangan membuat peraturan yang terlalu keras dan tegas agar anak tak terbiasa berbohong. Dan penyebab yang kedua yaitu untuk menjaga harga diri (ego strength). Tahap perkembangan kognitif anak Untuk mengetahui penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya yaitu dengan memahami teori perkembangan kognitif dari Jean Piaget.

Penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya

Beberapa penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya.

1. Anak berbohong karena ketika ia berbohong ia tidak mendapat hukuman. Hal ini sering terjadi pada anak yang selalu dimanjakan orangtuanya atau pada anak yang selalu diberi teguran namun tidak diberi hukuman ketika berbohong. Jika ini terus terjadi maka masa depan anak akan dipenuhi dengan kebohongan. Katakan pada anak secara tegas bahwa setiap dia berbohong akan dihukum dengan tegas dan tanpa pengecualian. Hal in untuk menghindari anak dari kebiasaannya berbohong.

2. Orangtuanya yang pernah berbohong padanya. Percaya atau tidak jika anda pernah berbohong pada anak, maka anak pun akan mencoba membohongi orangtuanya. Anak adalah peniru ulung sehingga apapun yang dilakukan ayah pasti akan kembali lagi pada ayahnya. Oleh karena itu penting bagi ayah untuk terus memperbaiki diri sehingga anak juga menyadari kesalahannya dan mencoba untuk menghilangkan kebiasaan berbohongnya.

3. Tontonan yang tidak mendidik. Perlu diketahui, ketika anak sering menonton sinetron yang didalamnya diajarkan cara berbohong, maka anak akan belajar berbohong sesuai dengan apa yang didapatnya dari tontonannya. Ia akan mulai berbohong untuk menghindari sesuatu yang tidak disukainya.

4. Komik yang didalamnya ada kebohongan. Solusinya yaitu membelikan anak banyak buku tentang akhlak yang didalamnya mengajarkan pentingnya kejujuran. Semakin sering anak membaca buku tentang kejujuran maka semakin kuat terpatri dalam benaknya bahwa kebohongan itu hanya membawa kerugian bagi dirinya dan orang banyak.

beberapa Penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya

Demikian informasi mengenai Beberapa penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri anak.

Penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya | | 4.5