Penyebab anak cadel dan cara mengatasinya

Setiap orangtua harus tahu penyebab anak cadel dan cara mengatasinya. Orangtua bisa mengecek kemampuan bicara dan melafalkan huruf si kecil saat mulai belajar bicara. Biasanya kemampuan bicara anak sudah mulai muncul ketika berumur 2 tahun. Ketika anak berusia 3 tahun anak sudah mulai cerewet. Oleh karena itu orangtua bisa langsung melajarkan anak pada usia 3 tahun untuk melafalkan huruf “R”, “L”, dan “S” Jika cadel pada anak belum juga hilang ketika anak mau masuk usia 5 tahun, sebaiknya orangtua langsung memeriksakan anak ke dokter.

Penyebab anak cadel dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab anak cadel dan cara mengatasinya

Pendeknya jaringan Frenulum Linguae

Banyak yang mengatakan cadel disebabkan oleh lidah yang pendek. Padahal, cadel juga bisa timbul karena adanya gangguan lidah yang bernama frenulum linguae, di mana terdapat jaringan yang menghubungkan dasar mulut dan lidah. Jaringan ini bisa dilihat saat si Kecil menggerakkan lidah ke atas. Perbedaan panjang dan pendek frenulum linguae inilah yang menyebabkan getaran pada lidah, sehingga menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam melafalkan huruf-huruf tertentu.

Koordinasi yang kurang baik antara bibir dan lidah.

Kemampuan anak mengucapkan huruf vokal dan konsonan sangat bergantung pada sistem saraf otak yang mengatur koordinasi motorik otot lidah.

Kelainan kondisi fisik seperti gangguan pendengaran dan gangguan otak bisa juga menjadi penyebab cadel pada anak.

Terlalu lama dibiarkan oleh orangtua.

Faktor lingkungan dan keluarga juga memegang peranan penting untuk mengatasi masalah anak yang cadel. Jangan pernah orangtua bicara dengan bahasa cadel didepan anak, agar anak tidak meniru perkataan orangtuanya. Jangan biarkan anak menonton tv atau berbicara dengan orang lain yang mengalami cadel.

Cara mengatasinya

Orangtua harus menggunakan terapi bicara untuk mengatasinya. Orangtua harus bisa mengajarkan secara pelan dan rutin untuk mengucapkan kata dengan benar.

Memastikan kesehatan sinus anak. Pernapasan anak yang terganggu bisa menjadi penyebab anak bicara cadel.

Jangan pernah membiarkan anak menghisap jempol. Menghisap jempol selain buruk untuk kesehatan tetapi juga bisa menyebabkan anak cadel.

Terus melatih kekuatan otot lidah anak. Ibu bisa memberikan sedotan untuk minum dan memainkan alat musik tiup untuk melatih kekuatan otot lidah anak.

Demikian informasi mengenai penyebab anak cadel dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab anak suka muntah dan cara mencegahnya.

Penyebab anak cadel dan cara mengatasinya | | 4.5