Penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya

Setiap ibu harus tahu penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya.

Penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya.

Mungkin ibu berganti deodoran, sabun, parfum atau zat wangian lainnya yang membuat aroma tubuh ibu berbeda dari sebelumnya.

Ibu sedang dalam keadaan stress atau sedang menghadapi krisis dalam keluarga.

Waktu kebiasaan minum ASI nya berubah, mungkin dikarenakan ibu sibuk pada pekerjaan kantor atau lelah membereskan rumah.

Ibu tidak sengaja bereaksi keras saat bayi menggigit puting ibu ketika menyusui yang membuat bayi merasa takut.

Keadaan tubuh bayi yang lagi sakit. Coba periksa ke dokter apakah bayi mengalami infeksi telinga, hidung tersumbat, atau ada luka di bagian bibir dan mulut.

Bayi sedang tumbuh gigi yang membuatnya mengalami pembengkakan pada bagian gusi. Selain itu tumbuh gigi juga membuatnya tidak nyaman ketika menyusu.

Bayi terbiasa minum susu menggunakan dot, sehingga ketika minum susu dari puting ibu, anak akan merasa sedikit bingung dan enggan untuk minum susu dari puting ibu.

Cara mengatasinya yaitu :

Jangan panik, tetaplah tenang dan sabar.

Jangan gunakan produk beraroma tajam pada tubuh ketika menyusui. Tunda pemakaian zat beraroma tersebut ketika hendak menyusui bayi.

Jangan berikan susu melalui botol lagi. Teruslah memberikan ASI langsung pada bayi hingga ia berusia 1 tahun dan sudah siap untuk makan MPASI.

Perkuat ikatan emosional anda dengan bayi melalui kontak skin to skin. Ini penting dilakukan untuk mengembalikan rasa kepercayaan bayi untuk menyusu langsung pada ibunya.

Bawa ke dokter jika anak mengalami gangguan kesehatan yang membuatnya enggan untuk menyusui.

Demikian informasi mengenai Penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa komplikasi kehamilan yang berbahaya.

Penyebab anak menolak menyusu dan cara mengatasinya | | 4.5