Penyebab Anak Suka Muntah dan cara mencegahnya

Sebagai orangtua perlu tahu penyebab anak suka muntah dan cara mencegahnya. Mungkin hati setiap orangtua akan sedih melihat anaknya terus muntah muntah.

Penyebab Anak Suka Muntah dan cara mencegahnya

Beberapa penyebab anak suka muntah dan cara mencegahnya.

Mabuk perjalanan.

Bahkan bagi anak kecil, sehari setelah melakukan perjalanan jauh anak masih merasakan mual dan muntah. Ini hal yang wajar, mungkin tubuhnya terkejut dengan perjalanan jauh yang baru dilaluinya. Untuk mengatasinya yaitu tenangkan anak terlebih dahulu, jangan pernah biarkan perut anak dalam keadaan kosong, lalu berikan buah buahan segar dan air putih yang cukup untuk mencegah anak dari dehidrasi.

Anak menangis atau batuk secara berlebihan.

Menangis atau batuk secara berlebihan dapat merangsang refleks muntah pada anak. Karena batuk berlebihan bisa memicu tekanan pada daerah perut, sehingga dapat menyebabkan muntah. Cara mengatasinya yaitu ibu harus tenangkan anak dan mengajak anak melakukan yang ia suka agar mood anak kembali membaik.

Anak keracunan makanan.

Ibu bisa melihat gejala anak yang keracunan makanan yaitu ditandai dengan mual dan muntah-muntah yang disertai diare serta kram perut. Untuk mengatasinya segera bawa si Kecil ke dokter. Setelah dibawa ke dokter, beri anak banyak buah buahan segar untuk membantu mengeluarkan racun yang masuk ke tubuhnya.

Anak terinfeksi virus atau bakteri.

Serangan virus dan bakteri bisa menyebabkan anak terkena penyakit usus yang menjadi penyebab si kecil muntah muntah. Selain itu bakteri jahat ini bisa membuat anak mengalami diare, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, hingga demam. Untuk mengatasinya segera bawa ke dokter.

Anak mengalami infeksi atau gangguan pernapasan.

Jika anak muntah setelah ia batuk maka mungkin saja terjadi infeksi atau gangguan pernapasan pada anak. Cara mengatasinya yaitu berikan air putih yang banyak disertai mengkonsumsi buah buahan. Biasanya infeksi pernapasan ini bisa sembuh dalam waktu 2 minggu. Apabila tidak menunjukkan tanda membaik, segera bawa ke dokter.

Demikian informasi mengenai penyebab anak suka muntah dan cara mencegahnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara agar bayi tidak tertular penyakit dari orang lain.

Penyebab Anak Suka Muntah dan cara mencegahnya | | 4.5