Penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya

Setiap orangtua harus tahu penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya. Bayi yang baru lahir bisa tidur hingga 17 jam dalam sehari dan kadang bisa kaget setiap 2 jam ketika tidur.

Penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya.

Hidungnya tersumbat. Untuk menghilangkan ini bisa dengan menghirup ingus bayi dengan pipet dan memberikan bayi uap air hangat.

Refluks atau gumoh. Gumoh yaitu kegiatan mengeluarkan kembali cairan dari mulutnya. Ini berbeda dengan muntah. Gumoh ini bukan kondisi yang berbahaya namun jika gumohnya berwarna hijau atau bercampur darah disertai bayi terlihat lesu, sesak napas dan berat badan tidak naik maka anda harus membawanya ke dokter secepatnya.

Infeksi telinga yang disebabkan penumpukan cairan di belakang gendang telinga. Tanda yang diperlihatkan yaitu bayi lebih sering rewel, demam, pilek dan infeksi pada sinusnya.

Ketika tumbuh gigi. Proses tumbuhnya gigi bisa sangat menjengkelkan bagi anak. Anak sering mengeluarkan air liur, gusi bengkak, pipi merah dan selalu rewel. Untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan mainan teeething yang aman dan steril.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyiapkan tempat tidur yang aman dan nyaman. Berikan asupan makanan yang cukup. Buat suasana kamar tenang, pencahayaan minim dan berikan sentuhan hangat. Tidurkan anak dengan posisi telentang dan hindari posisi tengkurap agar bayi terhindar kematian mendadak. Hindari benda yang bisa mengganggu tidur anak dan jaga suhu rangan tempat tidur anak selalu sejuk.

Demikian informasi mengenai Penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang harus dilakukan ketika hendak naik pesawat dengan bayi.

Penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya | | 4.5