Penyebab dan akibat buruk dari perceraian

Setiap pasangan yang memutuskan ingin bercerai harus tahu penyebab dan akibat buruk dari perceraian. Banyak orang yang menikah dengan harapan yang tidak realistis sehingga banyak yang terkejut batin ketika menghadapai berbagai persoalan dalam rumah tangga. Sebelum menikah anda harus tahu sedikit pengetahuan tentang pernikahan dan hal yang mungkin terjadi selama pernikahan. Seperti sifat dan kebiasaan pasangan, kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai dalam keluarga pasangan, pola pengelolaan keuangan pasangan, pandangan pasangan dan keluarganya mengenai tugas dan peran suami/istri, pandangan pasangan mengenai pernikahan dan komitmen, problema seks, serta pola komunikasi dan pengelolaan konflik yang dimiliki pasangan.

Penyebab dan akibat buruk dari perceraian

Beberapa penyebab dan akibat buruk dari perceraian.

Banyak orang yang bercerai dan tidak bahagia dalam pernikahannya karena orang tersebut menikahi orang yang salah dengan alasan yang salah. Alasan yang salah contohnya hamil sebelum menikah, pemberontakan terhadap orangtua, untuk menjadi mandiri atau lepas dari orang tua, pengalihan dari hubungan yang buruk sebelumnya, memenuhi tuntutan keluarga dan lingkungan sosial, serta untuk memperoleh dukungan ekonomi. Orang orang yang menggunakan alasan ini hanya akan mendapatkan perceraian dan ketidak bahagiaan dala kehidupan rumah tangganya.

Anda harus tahu bahwa kehidupan berkeluarga itu harus ada yang menantang dan ada yang bijaksana. Harus ada yang menjadi air saat pasangan menjadi api. Karena pernikahan melibatkan proses belajar bersama, belajar untuk bersama dan berpisah, belajar untuk menggunakan kekuatan dan kekuasaan, belajar untuk bersenang-senang dan bekerja bersama.

Tidak adanya waktu dan kesempatan untuk mengembangkan kebaikan dalam kehidupan berumah tangga. Suami selalu sibuk dengan pekerjaannya, istri selalu sibuk mengurus anak dan rumah sehingga semuanya serba cepat dan praktis. Ketika masalah kecil terjadi, maka masing masing pihak akan mengatakan apa saja yang ia telah lakukan, ia capek melakukan segalanya sendiri dan bla bla bla. Sehingga masalah kecilpun bisa membuat keluarga ini berakhir dengan perceraian.

Tekanan perceraian ini adalah badai besar yang menghantam anak. Anak menjadi stress yang mengakibatkan masalah tingkah laku, prestasi akademik yang rendah, self esteem yang rendah, perilaku kriminal remaja, gangguan emosional dan sosial di sekolah, hingga bunuh diri pada remaja

Demikian informasi mengenai Penyebab dan akibat buruk dari perceraian . Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai manfaat baik anak memiliki hewan peliharaan.

 

Penyebab dan akibat buruk dari perceraian | | 4.5