Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit

Setiap ibu harus tahu Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit. Air ketuban perperan penting melindungi janin dari guncangan dan mencegah terjepitnya tali pusat yang dapat menyebabkan pasokan oksigen untuk bayi berkurang. Air ketuban juga membantu menjaga suhu di dalam rahim dan memungkinkan bayi bergerak bebas dan membantu perkembangan sistem pencernaan serta pernapasannya.

Volume air ketuban menjelang akhir kehamilan biasanya 1 liter. Air ketuban yang sedikit bisa beresiko pada wanita yang mengalami preeklamsia, tekanan darah tinggi, diabetes, hipertensi dan lupus.

Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit

Beberapa Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit.

Ari atau plasenta terlepas dari dinding rahim sebelum persalinan.

Penggunaan obat obatan tertentu seperti penghambat enzim ACE.

Gangguan pada bayi seperti kelainan genetik, gangguan ginjal atau saluran kencing.

Plasenta tidak menyediakan cukup nutrisi dan darah bayi.

Ibu yang sebelumnya memiliki bayi dengan berat badan kurang dan mengandung bayi kembar lebih beresiko mengalami air ketuban sedikit. Pada bayi kembar, bisa satu bayi mendapat kelebihan air ketuban sedangkan bayi satunya lagi kekurangan air ketuban.

Selain itu pergerakan bayi yang sedikit bisa menandakan air ketuban sedikit. Untuk memastikan ini, ibu bisa melakukan pemeriksaan USG.

Air ketuban yang sedikit bisa mengakibatkan cacat janin atau keguguran.

Untuk menambah volume air ketuban, ibu bisa mengkonsumsi banyak air putih atau dengan banyak makan buah yang mengandung cairan. Jika memang dibutuhkan, maka anda bisa meminta dokter untuk menambahkan air ketuban dengan cara menyuntikkan air garam ke dalam kantung ketuban untuk mengurangi penjempitan tali pusat.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang.

Penyebab dan akibat volume air ketuban ibu sedikit | | 4.5