Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning

Setiap orangtua harus tahu Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning. Penyakit kuning biasanya menyerang bayi yang masih berusia 2 minggu. Gejalanya yaitu kulit dan mata yang menguning, warna urine lebih pekat, padahal air seni bayi baru lahirnya harusnya tidak berwarna, pun tinja bisa berwarna lebih pucat.

Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning

Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning.

Biasanya penyakit kuning ini akan hilang dalam waktu 2 minggu seiring pertumbuhan bayi dan perkembangan fungsi organ tubuhnya. Namun penyakit kuning ini harus ditangani secara serius. Karena jik tidak ditangani dengan cepat bisa membuat kerusakan otak. Jika penyakit kuning tetap terjadi setelah 2 minggu, maka bawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

 

Bayi yang beresiko mengalami penyakit kuning yaitu

Bayi prematur.

Bayi yang tidak mendapatkan cukup ASI.

Bayi yang memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibunya.

 

Penyebab utamanya adalah

Memar saat lahir dan pendarahan di bawah kulit kepala.

Ada masalah pada organ hati atau saluran empedu.

Infeksi penyakit rebella saat lahir.

Tingkat oksigen yang rendah, kekurangan enzim dan kelainan pada sel darah merah.

 

Cara mengatasinya yaitu dengan sesering mungkin memberikan bayi ASI. Minimal 10 kali menyusui bayi untuk mendorong bayi buang air besar yang bisa membuang bilirubin melalui tinja.

Metode pengobatan fototerapi yang menggunakan cahaya untuk membantu memecah bilirubin di tubuh bayi. Metode pengobatan ini yang paling manjur dan efektif serta kecil sekali efek sampingnya.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara membersihkan botol susu bayi yang benar.

Penyebab dan cara mengatasi bayi menderita penyakit kuning | | 4.5