Penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi

Setiap orangtua harus tahu penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi. Bayi biasanya mengalami gumoh ketika berusia 12-16 minggu.

Penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi

Beberapa penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi.

Lambung bayi masih kecil. Biasanya ibu menyusui lebih banyak dari kapasitas lambung dan ditambah bayi senang bergerak sehingga membuat tekanan dalam perut membesar yang membuat bayi menjadi gumoh.

Klep penutup lambung belum sempurna. Klep ini adalah penutup lambung yang belum sempurna ketika masih bayi. Oleh karena itu ketika selesai menyusui, biarkan bayi dalam posisi tegak minimal 30 menit supaya susu yang diminumnya sudah sempurna berada di dalam perut.

Bayi menangis berlebihan yang menyebabkan udara ikut tertelan.

Gangguan mengunyah dan menelan.

Cara mengatasi gumoh pada bayi tidaklah terlalu sulit seperti:

Memposisikan bayi agar tegak setelah makan atau menyusui selama 30 menit. Dan jangan diajak main dulu. Biarkan ia tenang lalu boleh diajak main atau langsung ditidurkan.

Ibu bisa menyusui bayi sedikit saja tapi sering. Jika memberi ASI dalam jumlah banyak bisa membuat bayi muntah. Jadi beri sedikit ASI tapi setiap 3 jam diulang lagi.

Menyendawakan bayi dengan cara memposisikan bayi dalam posisi badan yang tegak ketika digendong menghadap ibu. Lalu pukul pelan pelan punggungnya agar bayi sendawa.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan cara mencegah pilek pada bayi.

Penyebab dan cara mengatasi gumoh pada bayi | | 4.5