Penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang

Setiap orangtua harus tahu penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang. Kepala bayi bisa berubah bentuk karena tulang tengkoraknya yang masing fleksibel yang memberi ruang bagi pertumbuhan otak. Karena itulah kepala bayi bisa berubah bentuk.

Biasanya bentuk kepala bayi yang lonjong akan kembali menjadi bulat dengan sendirinya dalam waktu 2 bulan. Di dunia medis, kepala peyang pada bayi dibagi menjadi dua yaitu plagiocephaly dan brachycephaly.

Plagiocephaly adalah kondisi di mana salah satu sisi kepala bayi datar, sehingga bentuk kepala terkesan asimetris. Sedangkan brachycephaly adalah kondisi di mana bagian belakang kepala bayi rata, menyebabkan kepala terkesan melebar, dan terkadang dahi menonjol ke depan.

Penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang

Beberapa penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang.

Posisi tidur bayi. Posisi tidur yang paling aman adalah telentang, namun jangan terlalu lama karena bisa membuat kepala bayi hanya datar di bagian belakang saja. Biasanya bayi prematur lebih mudah terkena bentuk kepala peyang karena tulang tengkoraknya lebih lunak dari pada bayi yang lahir normal.

Ada masalah di rahim yang menyebabkan adanya penekanan pada kepala bayi.

Ada ketegangan otot leher pada bayi. Gerakan otot leher ini bisa memutar kepala yang membuat salah satu sisi kepala bayi akan lebih sering mengalami penekanan saat berbaring.

Untuk mengatasinya anda bisa mengubah posisi tidurnya. Buat kepala bayi miring ke kiri dan kanan secara bergantian.

Ubah posisi tempat tidurnya yang dekat dengan cahaya. Biasanya bayi akan mudah merespon dan melihat ke arah cahaya yang bisa membuat bayi hanya meletakkan kepalanya pada satu sisi saja. Dekatkan tempat tidur anak ke sumber cahaya atau ke mainan yang disukainya.

Variasikan cara menggendong bayi. Dengan menggendong bayi dengan posisi tegak, didekap atau posisi miring.

Menggunakan helm khusus yang bisa mengembalikan bentuk kepala bayi. Alat ini bisa membantu memperbaiki bentuk tulang tengkorak bayi seiring pertumbuhannya. Untuk penanganan lebih lanjut anda bisa berkonsultasi dengan dokter bayi anda.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang perlu dilakukan ketika bayi sering kentut.

Penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang | | 4.5