Penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi

Setiap orangtua perlu tahu penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi.

Penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi

Beberapa penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi.

Adanya peradangan pada saluran pernapasan bagian atas terutama hidung.

Disebabkan oleh bakteri, tandanya yaitu pilek tidak membaik bahkan setelah lebih dari 7 hari.

Yang disebabkan oleh virus. Ini bisa ibu atasi dengan memberikan asupan ASI yang cukup serta memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan agar membantu menjaga kekebalan tubuhnya.

Ada orang disekitar bayi yang mengalami pilek. Ketika ada anggota keluarga lain yang pilek maka jauhkan bayi dari orang tersebut. Untuk mengurangi resiko penularan karena pilek mudah menular.

Jika pilek yang dialami bayi tidak sembuh setelah 7 hari, ibu harus membawa ke dokter anak untuk melihat sumber permasalahannya.

Cara mengatasinya yaitu dengan:

Ibu bisa menggunakan penyedot lendir (nasal aspirator) untuk bayi yang berbentuk seperti botol karet kecil dengan ujung palstik untuk menyedot lendirnya. Ibu bisa beli di apotik dan khusus untuk bayi.

Ibu bisa meneteskan satu tetes saja dari obat tetes NaCl atau larutan garam ke lubang hidung bayi untuk melembabkan saluran pernapasan bayi. Lakukan ini 3 kali sehari.

Ibu bisa mengoleskan minyak angin yang aman untuk bayi di bagian dada, leher dan punggung.

Memposisikan bayi tidur dengan posisi miring untuk membantu melegakan pernapasan.

 

Demikian informasi mengenai Penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mempercepat masa pemulihan setelah melahirkan.

Penyebab dan cara mengatasi pilek pada bayi | | 4.5