Penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak

Setiap orangtua harus tahu penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak. Alergi adalah sebagai respon sistem imun tubuh yang terlalu sensitif dan cenderung tidak normal terhadap alergen (zat pemicu alergi). Pada anak kecil, alergi sistem pernapasan menjadi salah satu yang paling sering terjadi. Pemicunya bisa beragam namun tidak berbahaya seperti makanan dengan protein tinggi (telur, kacang, susu sapi), debu, jamur, serbuk sari bunga, bulu binatang, obat obatan tertentu bahkan suhu dingin.

Penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak

Beberapa penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak

Untuk asma bronkial.

Asma bronkial dipicu karena kelelahan akibat menjalani latihan fisik yang berat atau terlalu banyak tertawa, asma bronkial biasanya juga dipicu adanya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap suhu udara, debu, serbuk bunga, atau makanan. Asma jenis ini bisa menyebabkan penyempitan saluran napas dan masih dapat sembuh bila diobati dengan tepat.

Tanda anak mengalami asma bronkial yaitu sesak napas berulang dan adanya bunyi ketika bernapas, Anak sering batuk kering yang terjadi malam dan menjelang pagi hari.

Cara menanganinya yaitu dengan memberikan rangsangan hangat pada area dada; Obat-obatan asma dan menggunakan alat napas bantuan dari inhaler.

Untuk membuat alergi ini cepat hilang. Orangtua harus sering melakukan terapi rutin dan sering mengajak anak olahraga ringan berupa senam, berjalan kaki atau berenang di tempat yang berudara segar.

Alergi jenis rhinitis.

Alergi jenis ini terjadi pada daerah hidung, sedangkan asma bronkial terjadi pada paru paru. Gejala gejala anak mengalami alergi di hidung ini adalah Bersin dengan gatal di hidung dan ingus encer, Sering disertai dengan hidung tersumbat, Gatal kadang kala muncul di langit-langit mulut dan telinga, Mata merah dan berair dan radang sinus.

Untuk menanganinya yaitu dengan menghindarkan sebanyak mungkin pemicu anak terkena alergi dan berikan obat antihistamin, dekongesthan, atau inhaler sesuai resep dokter.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tanda tanda ibu hamil yang kekurangan kalsium.

Penyebab dan cara penanganan alergi pernapasan pada anak | | 4.5