Penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan

Setiap orangtua harus tahu penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan. Mimisan adalah keluarnya darah dari rongga hidung pada anak biasanya terjadi tiba-tiba, namun sembuh dengan sendirinya. Mimisan ini bisa disebabkan oleh trauma atau cedera ringan yang terjadi pada rongga hidung.

Penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan

Beberapa penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan.

Rongga hidung memiliki banyak jalinan pembuluh darah yang tipis dan mudah robek, sehingga bila anak mengorek atau menggosok rongga hidung, bersin terlalu kencang, atau batuk terlalu keras, maka dapat memicu terjadinya mimisan.

Bisa juga disebabkan oleh mengeringnya lapisan lunak dalam rongga hidung (mukosa) pada saat terjadi infeksi dalam rongga hidung.

Jika mimisan anak sulit berhenti, maka bawa ke rumah sakit secepat mungkin untuk mendapatkan penanganan dokter.

Cara pertolongan pertama yaitu

Jangan panik. Ketika anak melihat ibunya panik maka anak pun akan takut dan menangis yang menyebabkan mimisannya sulit untuk berhenti.

Tekan lembut cuping hidung anak selama 5 menit dan ajarkan anak untuk bernapas lewat mulut.

Alihkan perhatian anak dengan mengobrol atau menceritakan sesuatu agar ia tidak takut dan menangis.

Kompres hidungnya dengan saputangan yang telah dibasahi air es ata batu es yang sudah terbungkus plastik bersih.

Jangan membiarkan mengorek atau mengusap hidungnya untuk 2 hari pertama setelah terjadi mimisan.

Jika mimisan anak tidak berhenti setelah 15 menit, segera bawa ke rumah sakit. Ajarkan anak untuk selalu menggunting kukunya agar tak melukai rongga hidung, ajarkan anak untuk membuka mulut ketika bersin dan jaga anak agar tidak berada pada cuaca yang sangat panas atau kering.

Demikian informasi mengenai Penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai berat badan ideal ibu selama hamil.

Penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan | | 4.5