Penyebab Sulit Tidur saat usia kehamilan muda

Setiap ibu hamil harus tahu penyebab sulit tidur saat usia kehamilan muda.

Penyebab Sulit Tidur saat usia kehamilan muda

Beberapa penyebab sulit tidur saat usia kehamilan muda.

Terlalu banyak tidur di siang hari tentu tidak baik bagi wanita hamil. Memang wanita hamil cepat lelah dan mengantuk ketika melakukan aktivitas berlebihan yang dilakukan di siang hari. Untuk mencegah sulit tidur di malam hari, perhatikan aktivitas ibu di siang hari. Jangan beraktivitas yang menggunakan banyak energi dan jaga pola tidur di siang hari agar tidak lebih dari 2 jam.

Sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. Ketika hamil, tubuh akan mengeluarkan hormon progesteron yang membuat payudara terasa sakit jika tersentuh sesuatu. Sehingga membuat ibu sulit memilih posisi tidur yang nyaman. Untuk mengatasinya jangan pernah tidur tengkurap, melainkan tidur dengan berbaring miring ke kiri. Tidur miring ke kiri bisa meningkatkan aliran darah menuju rahim dan mempermudah ginjal mengalirkan limbah dari dalam tubuh menuju saluran pembuangan.

Sering buang air kecil di malam hari. Semakin membesarnya janin, maka rahin juga akan ikut membesar sehingga menekan rahim yang menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Agar ibu tidak terlalu terganggu dengan hal ini, cukup penuhi kebutuhan air ibu hamil yaitu 12 gelas. Dan jangan mengkonsumsi air secara berlebihan agar ibu bisa tidur lebih nyenyak dan lebih segar.

Cara antisipasinya yaitu dengan istirahat cukup. Istirahat yang disarankan untuk ibu hamil yaitu 11 jam. Bisa ibu bagi menjadi 9 jam tidur di malam hari dan 2 jam tidur di siang hari. Dan jangan lupa untuk olahraga ringan untuk membuat tubuh ibu tetap bugar.

Ubah pola makan. Ibu hamil biasanya lebih sering makan. Untuk mencegahnya yaitu sering lah makan tetapi porsinya sedikit. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung lemak karena bisa membuat ibu mual lebih sering.

Aktiflah bergerak. Lakukan jalan pagi walaupun hanya 10 menit saja dan lakukan olahraga ringan di sore hari seperti olahraga air. Dengan rutinnya ibu berolahraga, maka peredaran darah akan lancar dan menambah asupan oksigen dalamĀ  tubuh.

Demikian informasi mengenai Penyebab Sulit Tidur saat usia kehamilan muda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang perlu dilakukan ketika mengetahui ibu positif hamil.

Penyebab Sulit Tidur saat usia kehamilan muda | | 4.5