Peran guru dalam pendidikan

Peran guru dalam pendidikan memang sangat penting selain orangtua. Sebagai pendidik, baik orangtua maupun guru, bertanggung jawab terhadap kesejahteraan jiwa anak. Kedua tokoh ini mempunyai wewenang mengarahkan perilaku anak dan menuntutnya mengikuti patokan patokan perilaku sebagaimana yang diinginkan. Jika orangtua bertanggung jawab terhadap kesejahteraan fisik dan mental anak selama anak berada di rumah. Sedangkan di lingkungan sekolah, guru bertugas merangsang dan membina perkembangan intelektual dan membina pertumbuhan sikap sikap dan nilai nilai dalam diri anak.

Dalam mencapai tujuan bersama, yaitu tercapainya kesejahteraan jiwa anak, peran guru dalam pendidikan dan peran orangtua di rumah saling melengkapi dalam pembinaan anak. Disamping itu diharapkan ada saling pengertian dan kerja sama yang erat di antara keduanya. Baik orangtua maupun guru berfungsi sebagai model bagi anak. Mula mula pada masa prasekolah anak cenderung mengidentifikasikan diri mereka terhadap orangtuanya, kemudian setelah masuk sekolah, gurunya juga tokoh yang diidentifikasi. Sehubungan dengan hal ini, perlu diingat bahwa apa yang dikatakan atau dinasihatkan oleh pendidik tidak akan berarti bagi anak, jika perilaku dan tindakan guru sendiri tidak mencerminkan apa yang ia nasihatkan. Karena pada usia prasekolah, tokoh ibu yang paling berperan dalam hidup anak, di kelas kelas pertama sekolah dasar, guru diharapkan dapat berfungsi sebagai pengganti ibu.

Peran guru dalam pendidikan

Berbagai Peran guru dalam pendidikan

Guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat oleh dinas maupun di luar dinas, yakni dalam bentuk pengabdian. Jika dikelompokkan terdapat tiga jenis tugas guru, yakni tugas dalam bidang profesi, kemanusiaan, dan dalam kemasyarakatan. Guru adalah suatu profesi, jabatan, atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai pengajar sekaligus pendidik. Pekerjaan ini seharusnya tidak dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan. Padahal kenyataannya pekerjaan ini masih banyak dilakukan oleh orang di luar kependidikan. Itulah sebabnya jenis profesi ni paling mudah terkena pencemaran.

Peran guru dalam pendidikan sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan keterampilan kepada siswa. Tugas dalam bidang kemanusiaan mengharuskan guru di sekolah dapat menjadikan dirinya sebagai guru yang kedua. Ia harus mampu menarik simpati sehingga ia menjadi idola para siswanya. Pelajaran apaun yang diberikannya, hendaknya dapat menjadikan motivasi bagi siswanya dalam belajar. Jika seorang guru dalam penampilannya tidak menarik, maka kegagalan pertama adalah ia tidak akan dapat menanamkan benih pengajarannya itu kepada para siswanya. Para siswa akan enggan menghadapi guru yang tidak menarik. Pelajaran tidak dapat diserap sehingga siswa mulai bosan menghadapi pelajaran yang diberikan oleh guru tersebut. Transformasi diri terhadap kenyataan di kelas atau di masyarakat perlu dibiasakan sehingga setiap lapisan masyarakat dapat mengerti jika menghadapi guru.

Peran guru

Masyarakat pada umumnya menempatkan guru pada tempat yang terhormat di lingkungannya, karena dari seorang guru diharapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Ini berarti guru berkewajiban mencerdaskan bangsa menuju pembentukan manusia.

Demikian informasi mengenai peran guru dalam pendidikan. Artikel terbaru bisa dilihat di Home. Artikel berikutnya mengenai peran guru dalam proses belajar mengajar.

Peran guru dalam pendidikan | | 4.5