peran suami dan istri dalam keluarga

Peran suami dan istri dalam keluarga memang tidak mudah, namun berikut ini akan dijelaskan garis besar peran suami dan istri dalam keluarga.

Beberapa Peran suami dan istri dalam keluarga

Suami sebagai pemimpin rumah tangga. Sebagai pemimpin rumah tangga maka suami harus mampu menjaga sikapnya. Jangan sampai bertindak berlebihan melebihi dari apa yang dipimpinnya. Jangan merendahkan salah satu anggota keluarganya. Tidak layak menjadi seorang pemimpin jika merasa lebih dari yang dipimpin meskipun yang dipimpin adalah anak sendiri, sebab pemimpin ada karena ada pula yang dipimpin.

peran suami dan istri dalam keluarga islami

Suami sebagai pelindung keluarga.

Suami harus mampu mengendalikan dan mengelola bahtera rumah tangga dlaam mengarungi badai kehidupan. Seorang suami harus berusaha agar seluruh anggota keluarganya selamat dalam mencapai ridha Allah SWT. Oleh karena itu, suami harus mempunyai kemampuan untuk menyelamatkan istri, anak dan anggota keluarga lainnya dari hal hal yang dapat menjerumuskannya ke jurang kehinaan dunia, terlebih lagi kehinaan di akhirat.

Suami sebagai pencari nafkah yang halal. Suami tidak hanya dituntut untuk bekerja keras, banting tulang dan berkeringat mencari nafkah tetapi juga dituntut mendapatkan nafkah yang halal untuk keluarganya, sehingga mendapat berkah dari Allah SWT. Apalah artinya kerja keras tanpa Shalat dan dzikir. Sama saja seperti pencuri, sama sama bekerja hanya caranya berbeda beda dalam memperoleh harta. Mencari nafkah memang penting tetapi carilah nafkah dengan cara yang halal dan diiringi doa yang ikhlas kepada Allah SWT.

Suami sebagai pendidik Keluarga.

Dalam mendidik keluarga, suami harus memiliki pandangan jauh ke depan. Untuk itu suami harus memiliki ilmu dan mencontohkan sikap yang baik terhadap anak anaknya. Setiap anak memiliki rezekinya masing masing sehingga anak harus dibekali dengan pendidikan yang cukup dan baik, agar kelak dapat menjadi pribadi mandiri serta tahu mana yang halal dan haram

peran suami dan istri dalam keluarga yaitu

Suami harus Pandai berkomunikasi. Pemimpin yang baik mampu membuat anggota keluarganya melakukan sesuatu tanpa merasa sedang disuruh. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan teknik komunikasi yang baik, sehingga setiap anggota keluarga dapat memahami dan tahu nilai yang baik dalam menghadapi persoalan di rumah.

Suami harus Pandai Memotivasi

Setiap anggota keluarga memiliki potensi yang berbeda satu dengan yang lain. Namun, jika perbedaan potensi dalam keluarga dimotivasi dengan baik maka akan menjadi potensi besar dan sinergi luar biasa dalam keluarga.

Peran Istri

Mampu menjadikan Rumah Surga bagi seluruh anggota keluarga

Sebagai tempat curahan hati sang suami

Siap dalam melahirkan Anak

Mendidik Anak Anak

 

Demikian informasi mengenai peran suami dan istri dalam keluarga. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai anak sebagai amanah.

peran suami dan istri dalam keluarga | | 4.5