perubahan kepada yang lebih baik

Siapapun yang menginginkan perubahan kepada yang lebih baik yang cepat maka kuncinya adalah tingkatkan keyakinan pada Allah SWT. Makin mengenal keagungan Allah, maka semakin tak berarti pengawasan makhluk. Makin mengharapkan penghargaan dari Allah maka semakin tak berarti penghargaan makhluk. Makin yakin akan sempurnanya balasan Allah maka semakin tak berharap balasan dari makhluk. Ikhlas tak dapat dilakukan kecuali oleh orang orang yang mengenal Allah.

perubahan kepada yang lebih baik

Cara mendapatkan perubahan kepada yang lebih baik

Perubahan kepada yang lebih baik memerlukan ketenangan, kebahagiaan yang selaras dengan usaha. Ketenangan, kebahagiaan, kedamaian, dan kesuksesan memiliki perbandingan lurus dengan tingkat keyakinan kepada Allah. Oleh karena itu, upaya untuk semakin mengenal Nya harus menjadi program inti, walau sebesar apa pun biayanya, tenaga atau waktu yang harus dikorbankan.

Perubahan kepada yang lebih baik harus dibantu dengan menghilangkan rasa sombong. Tak ada celah bagi kita untuk bersikap sombong dan angkuh, karena pengetahuan tentang diri kita sendiri saja kita tak tahu. Terkadang orang hanya mengingat balasan atau siksa Nya, padahal Allah selalu mendahulukan ampunan Nya daripada balasan Nya, dan selalu mendahulukan kasih sayang Nya dari kemarahan Nya.

Tidak ada kenikmatan yang lebih besar daripada nikmat mengenal Allah. Bahkan bagi orang yang sudah mengenal Nya, maka nikmat dunia dan seisinya ini tidak akan mampu menandinginya. Alam semesta ini hanya sebagian kecl saja dari nikmat yang diberikan Allah kepada hamba Nya. Seseorang tidak akan bisa mengukur nikmat Allah dengan dunia yang ada di tangannya. Bahkan, alam semesta beserta isinya pun tidak akan mampu mendatangkan kenikmatan Allah yang tiada tandingannya.

Bagi yang sudah mengenal Allah, segala sesuatu yang menimpa dirinya hanyalah nikmat yang diberikan oleh tuhan Nya.  Kurang uang dianggap nikmat karena ia akan selalu berikhtiar di jalan Allah, sehingga menambah pahala dan kesabaran jika dirinya tawakkal kepada Nya. Banyak uang pun menjadi nikmat, karena bisa lebih banyak mempunyai kesempatan untuk beramal.

Badan sehat adalah nikmat besar karena seseorang mampu untuk melakukan ibadah, beramal, dan berjihad di jalan Allah. Sakitpun adalah nikmat karena akan meleburkan segala dosa jika dirinya tabah dan sabar menerimanya dengan tidak meninggalkan ikhtiar zhahir, mencari obat penyembuh.

perubahan kepada yang lebih baik di dunia

Dipuji merupakan nikmat karena bisa mendengarkan kebesaran Allah dan merasakan bagaimana hebatnya Allah menutupi aib dirinya. Dihina pun merupakan nikmat karena bisa melihat kejelekan diri sendiri di samping bisa menjadi ladang pahala sabar bagi dirinya. Bagi orang yang sudah mengenal Allah, semua kejadian hanyalah nikmat.

Demikian informasi mengenai perubahan kepada yang lebih baik. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai hikmah shalat khusyuk.

 

perubahan kepada yang lebih baik | | 4.5