Pintu pintu masuk setan ke manusia

Hati manusia diibaratkan sebagai benteng sedangkan syetan adalah musuh yang senantiasa mengintai untuk menguasai benteng tersebut. Kita tidak bisa menjaga benteng tersebut kalau tidak dengan menjaga/menutup pintu masuk setan ke dalam hati. Pintu masuk setan dalam hati manusia adalah semua sifat kemanusiaan manusia yang tidak baik. Sehingga pintu yang akan dimasuki syetan sebenarnya sangatlah banyak. Berikut ini akan dibahas tentang pintu pintu masuknya setan ke manusia.
pintu masuk setan melalui pandangan mata

Macam pintu pintu masuk setan ke manusia

Pintu masuk setan ke manusia yang pertama yaitu marah
Marah adalah bentuk kalahnya akal oleh syetan. Bila seseorang marah maka syetan bisa mempermainkannya seperti anak-anak yang mempermainkan kelereng atau bola. Orang marah adalah orang yang sangat lemah di hadapan setan setan.

Pintu masuk setan ke manusia yang kedua yaitu Sifat Hasad
Manusia yang memiliki sifat hasad dan iri maka ia akan menjadi buta. Mata yang mengenali pintu masuknya syetan akan menjadi buta bila ditutupi oleh sifat hasad dan ketamakan sehingga membuat mata tidak melihat kebenaran. Saat itulah syetan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke hati manusia.

pintu masuk setan melalui pacaran
Pintu masuk setan ke manusia yang ketiga yaitu perut yang penuh. Perut kenyang bisa menguatkan syahwat yang menjadi senjata syetan. Kebanyakan makan dan minum bisa mengakibatkan munculnya enam hal tercela seperti:
Menghilangnya rasa takut kepada Allah dari hatinya.
Menghilangkan rasa kasih sayang kepada makhluk lain karena ia mengira semua makhluk sama kenyangnya seperti dengan dirinya.
Mengganggu ketaatan dan beribadah kepada Allah
Bila mendengarkan ucapan hikmah maka ia tidak akan mendapatkan kelembutan
Bila bicara tentang ilmu maka pembicaraannya tidak bisa menembus hati manusia.
Akan terkena banyak penyakit jasmani dan rohani untuk waktu lama.

Pintu masuk setan ke manusia yang keempat yaitu cinta perhiasan dalam rumah tangga
Bila syetan melihat hati orang yang mencintai perhiasan rumah tangga maka iblis bertelur dan beranak dan menggodanya untuk terus berusaha melengkapi dan membaguskan semua perabotan perabotan yang ada di rumahnya, menghiasi temboknya, langit-langitnya dan seterusnya. Akibatnya sisa umurnya habis disibukkan dengan merawat dan memikirkan perabotan rumah tangga dan melupakan dzikir kepada Allah.

pintu masuk setan ke hati manusia
Pintu masuk setan ke manusia yang kelima yaitu Tergesa-gesa dan tidak melakukan cek ulang
Semua perbuatan harus dilakukan dengan pengetahuan dan penglihatan mata hati yang bersih dan jernih.  Penglihatan mata hati membutuhkan perenungan dan ketenangan. Sedangkan tergesa-gesa menghalangi hal itu semua. Ketika manusia tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu maka syetan menebarkan kejahatannya dalam diri manusia tersebut tanpa disadari.

Pintu masuk setan ke manusia yang keenam yaitu Mencintai harta berlebih lebihan
Kecintaan terhadap semua bentuk harta akan menjadi alat hebat bagi syetan. Bila orang memiliki kecintaan yang  kuat terhadap harta maka hatinya akan kosong dan tidak mengenal kata syukur.

Pintu masuk setan ke manusia yang ketujuh yaitu Meremehkan orang atau kelompok lain.
Orang yang memiliki anggapan bahwa kelompok lain salah sangatlah berbahaya. Orang yang demikian akan banyak mencaci maki orang lain, meremehkan dan mencaci maki termasuk sifat binatang buas.

Pintu masuk setan ke manusia yang kedelapan yaitu Kikir dan takut miskin.
Sifat kikir bisa mencegah seseorang untuk memberikan infaq atau sedekah dan selalu menyeru untuk menyimpan  harta kekayaan dan siksa yang pedih adalah janji orang yang menumpuk harta kekayaan tanpa memberikan haknya kepada fakir miskin.

pintu masuk setan ke pikiran manusia

Pintu masuk setan ke manusia yang kesembilan yaitu Suudzon terhadap orang Islam dan ghibah.
Kalau ada orang yang suudzdzon dan selalu mencari cela orang lain maka sebenarnya ia adalah orang yang hatinya rusak. Orang mukmin senantiasa mencari maaf dan ampunan akan tetapi orang munafik selalu mencari cela orang lain.

Bila kita bisa memutuskan akar semua sifat sifat tercela maka syetan mendapatkan halangan untuk memasukinya sehingga ia tidak bisa menembus ke dalam hati karena hati dipenuhi oleh zikrullah. Perumpamaan syetan adalah seperti anjing lapar yang mendekati anda. Bila anda tidak memiliki roti atau daging pasti anjing tersebut akan meninggalkanmu walaupun hanya dengan menghardiknya dengan ucapan kata. Tapi bila di tangan kita terdapat  daging maka ia tidak akan pergi walaupun kita sudah berteriak ia masih ingin merebut daging dari kita. Demikian juga dengan hati manusia, bila tidak memiliki makanan syetan maka setan akan pergi hanya dengan dzikrullah.

Demikian informasi mengenai pintu pintu masuk setan ke manusia. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai sikap dan ciri orang bertakwa.

 

Pintu pintu masuk setan ke manusia | | 4.5