Profil Pribadi Muslim

Profil pribadi muslim yang dikehendaki Al-Qur’an dan sunnah adalah pribadi yang saleh. Profil pribadi muslim tercermin dalam sikap, ucapan dan tindakannya terwarnai oleh nilai-nilai yang datang dari Allah SWT. Gambaran  masyarakat tentang profil pribadi muslim memang berbeda-beda dan bahkan banyak yang pemahamannya sempit sehingga seolah-olah pribadi muslim itu tercermin pada orang yang hanya rajin menjalankan Islam dari aspek ubudiyah.

pribadi muslim yang sholeh

Padahal itu hanyalah satu aspek saja dan masih banyak aspek lain yang harus ada dan melekat pada pribadi seorang muslim. Oleh karena itu standar pribadi muslim yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah merupakan sesuatu yang harus harus menjadi dasar pemikiran setiap orang, sehingga dapat menjadi acuan bagi pembentukan pribadi muslim.

Sepuluh karakter profil pribadi muslim.

Salimul Aqidah artinya aqidah yang bersih

Dengan memiliki aqidah yang bersih maka seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Tuhannya. Dengan ikatan aqidah yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan ketentuan Tuhannya..

Shahihul Ibadah artinya ibadah yang benar
Dalam melakukan ibadah harus berdasar pada sunnah Rasul SAW yang tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.

Matinul Khuluq artinya akhlak yang kokoh
Akhlak yang kokoh harus ditunjukkan kepada manusia dan tentu saja Allah SWT.

Qowiyyul Jismi artinya memiliki kekuatan jasmani
Kekuatan jasmani berarti seorang muslim memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara maksimal dan optimal. Dengan kemampuan fisiknya yang kuat maka ibadah dalam islam seperti shalat, puasa, zakat dan haji bisa dilaksanakan dengan sempurna.

Mutsaqqoful Fikri artinya cerdas dalam berfikir
Tidak ada satupun perbuatan yang harus kita lakukan atau yang akan kita lakukan kecuali harus dimulai dengan  berfikir. Karenanya seorang profil pribadi muslim harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas.

Mujahadatul Linafsihi artinya berjuang melawan hawa nafsu
Berjuang melakukan hal baik dan menghindari yang buruk sangat menuntut adanya kesungguhan. Kesungguhan itu akan ada jika seseorang berjuang keras dalam melawan hawa nafsu. Hawa nafsu yang ada di diri manusia harus  dilatih agar tunduk pada ajaran Islam.

Harishun Ala Waqtihi artinya pandai menjaga waktu
Dari waktu sehari semalam yang berjumlah 24 jam itu, ada manusia yang beruntung dan tak sedikit manusia yang rugi. Oleh karena itu setiap muslim dituntut untuk pandai mengelola waktu dengan baik sehingga waktu berlalu dengan penggunaan yang efektif dan tidak sia-sia.

Munazhzhamun fi Syuunihi artinya teratur dalam suatu urusan
Apapun urusannya, maka harus dikerjakan secara professional dan penuh pertimbangan. Upaya yang bersungguh-sungguh, bersemangat , berkorban, berkelanjutan dan berbasis ilmu pengetahuan merupakan hal-hal yang diperhatikan dalam melakukan tugas-tugas.

Qodirun Alal Kasbi artinya memiliki kemampuan usaha sendiri/mandiri
Mempertahankan kebenaran dan menegakkannya baru bisa dilakukan ketika seseorang sudah memiliki kemandirian terutama dari segi ekonomi. Karena profil pribadi muslim tidaklah harus miskin, seorang muslim boleh kaya bahkan harus kaya agar dia bisa menunaikan ibadah haji dan umroh, zakat, infaq, shadaqah dan mempersiapkan masa depan yang baik.

Nafi’un Lighoirihi artinya bermanfaat bagi orang lain
Manfaat yang dimaksud adalah manfaat baik bagi orang yang berada di sekitarnya. Hal ini berarti setiap muslim harus selalu berfikir, mempersiapkan dirinya dan berupaya semaksimal untuk bisa bermanfaat dan mengambil peran terbaik yang bisa dilakukannya dalam masyarakatnya.
pribadi muslim yang taat

Demikian informasi mengenai profil pribadi muslim. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai manfaat menjaga pandangan.

Profil Pribadi Muslim | | 4.5