sikap dan ciri orang bertakwa

Sikap dan ciri orang bertakwa bisa diperhatikan dalam kehidupannya sehari hari.

Sikap dan ciri orang bertakwa seperti

Selalu Berinfak di Waktu Lapang dan Sempit.
Orang bertakwa berusaha untuk selalu dapat membantu orang lain sesuai dengan kemampuannya. Mereka tidak pernah melalaikan infaq meski terkadang mereka sendiri sedang mengalami kesulitan. Perintah berinfaq pada waktu lapang adalah untuk menghilangkan perasaan dan sifat sombong, rakus, aniaya, cinta yang berlebihan terhadap harta, dan lain-lain. Sedangkan perintah bersedekah di waktu sulit adalah untuk merubah sifat manusia yang lebih suka diberi dari pada memberi.

ciri orang bertakwa yang sebenar benarnya

Selalu bisa Menahan Marah
Orang bertakwa selalu menahan amarahnya meskipun ia mampu melakukannya. Setiap orang memiliki perasaan marah, sakit hati, dan keinginan untuk menuntut balas, tetapi perasaan itu tidak dituruti melainkan ditahan dan ditutup rapat agar tidak keluar perkataan dan tindakan yang tidak baik.

Sikap dan ciri orang bertakwa yang ketiga yaitu selalu memaafkan
Seseorang baru dikatakan memaafkan orang lain apabila ia menghapuskan dan melupakan kesalahan orang lain,  kemudian tidak menghukumnya sekalipun ia mampu melakukannya. Ini membutuhkan perjuangan untuk pengendalian diri yang lebih tinggi dari menahan marah. Karena menahan amarah hanya upaya menahan sesuatu yang tersimpan dalam diri, sedangkan memaafkan memerlukan kemampuan untuk menghapus bekas luka hati akibat perbuatan orang.

sikap dan ciri orang bertakwa

Berbuat Ihsan kapanpun dan dimanapun dan sekecil apapun.

Selalu Beristighfar
Perilaku ini menggambarkan bagaimana orang bertakwa menghadapi dan menyadari kondisi dirinya sendiri, yaitu bila sengaja atau tidak melakukan perbuatan dosa seperti membunuh, memakan riba, korupsi, berzina, atau menganiaya diri sendiri seperti minum khamar, membuka aurat, tidak shalat, tidak berpuasa, dan sebagainya, mereka langsung mengingat Allah dan bersegera meminta ampun. Lalu dengan cepat menyesali semua perbuatannya dan memohon ampun sambil bertekad tidak akan mengulangi lagi kesalahan itu. Orang bertakwa setelah bertaubat tidak akan mengulang kesalahan yang pernah dilakukannya karena ia akan selalu ingat dan takut kepada Allah.

ciri ciri orang bertakwa
Demikian informasi mengenai sikap dan ciri orang bertakwa. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai bahaya sifat egois bagi diri.

sikap dan ciri orang bertakwa | | 4.5