Solusi metode pembelajaran

Solusi metode pembelajaran yang terjadi di kelas, salah satu solusinya guru harus mencari model pembelajaran yang tepat yang dapat mengakomodir semua perbedaan anak dan dapat membuat anak merasa nyaman dalam belajar. Model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menysusun kurikulum, mengatur materi peserta didik dan member petunjuk kepada pembelajar di kelas dalam setting pembelajaran atau setting lainnya.

Memilih solusi metode pembelajaran, harus sesuaikan dengan realitas yang ada dan situasi kelas yang ada, serta pandangan hidup yang akan dihasilkan dari proses kerjasama dilakukan antara guru dan peserta didik. Ada beberapa solusi model pembelajaran guru dan peserta didik. Ada beberapa model pembelajaran yang harus diketahui oleh guru anak usia dini dan dapat dipahami dalam mengembangkan pembelajaran di kelas.

metode pembelajaran

Model dari solusi metode pembelajaran

  1. Solusi metode pembelajaran yaitu model belajar behaviorisme yang menganggap tingkah laku yang dapat dilihat dan diukur. Prinsip utama ialah faktor rangsangan, respon serta penguatan. Model ini menganggap faktor lingkungan sebagai rangsangan dan respon peserta didik terhadap rangsangan itu adalah responsnya. Hubungan diantara stimulus dan respons akan diperkuat apabila responsya positif diberikan reward yang positif dan tingkah laku negative tidak diberi apa apa (hukuman).

8 elemen yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran di sekolah yaitu menarik perhatian, menjelaskan tujuan, merangsang proses recall, menyaipkan bahan atau materi yang dapat menarik perhatian, menyediakan bimbingan terhadap peserta didik, member penghargaan terhadap kemajuan peserta didik berdasarkan tugas dan latihan, menilai kemajuan belajar peserta didik dan mengembangkan pengetahuan dan kepandaian yang telah dimiliki peserta didik.

  1. Model belajar kognitif, merupakan model pemrosesan pengetahuan ini dengan menyatakan, bahwa pengetahuan ayng diterima itu akan terlebih dahulu disimpan pada pendaftar sensor. Pengetahuan yang baru diterima akan dibandingkan dengan kognitif yang telah dulu ada. Pengetahuan yang telah ada tersebtu dapat diperbaiki, ditambah, disesuikan dan digabungkan dengan pengetahuan yang baru. Selanjutnya, pengetahuan tersebut dipindahkan sebagai ingatan jangk pendek dan jika pengetahuan itu dianggap penting, akan dipindahkan kepada ingatan yang panjang. Sebagai suatu rangkaian pase, menggunakan langkah langkah kognitif seperti pengkodean, penyimpanan, perolehan kembali, dan pemindahan informasi. Suatu tugas dapat dipelajari dengan baik urutan yang spesifik pada Sembilan peristiwa yaitu memperoleh perhatian, informasi peserta didik apda tujuan, prasyarat daya ingat sebagai prasyarat belajar, menyajikan materi baru, menyediakan bimbingan belajar, menyatakan capaian, menyatakan umpan balik sebagai ketepatan, menaksir capaian dan penambahan ingatan dan daya ingat.
  2. Solusi metode pembelajaran terakhir yaitu konstruktivisime merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam diri manusia. Unsur unsur konstruktivisme telah lama dipraktekkan dalam proses belajar dan pembelajaran baik di tingkat sekolah dasar, menengah, maupun universitas, meskipun belum jelas terlihat.

metode pembelajaran yang bagus

Berdasarkan faham konstruktivisme, dalam proses belajar mengajar, guru tidak serta merta memindahkan pengetahuan kepada peserta didik dalam bentuk yang serba sempurna. Dengan kata lain, peserta didik harus membangun suatu pengetahuan itu berdasarkan pengalamannya masing masing. Pembelajaran adalah hasil usaha peserta didik itu sendiri dan guru tidak boleh belajar untuk peserta didik. Pola pembinaan ilmu pengetahuan di sekolah merupakan suatu skema, yaitu aktivitas mental yang digunakan oleh peserta didik sebagai bahan mentah bagi proses renungan dan pengabstrakan.

Pikiran peserta didik tidak akan menghadapi kenyataan dalam bentuk yang terasing dalam lingkungan sekitar. Realita yang diketahui peserta didik adalah realita yang dia bina sendiri. Peserta didik sebenarnya telah mempunyai satu set ide dan pengalaman yang membentuk struktur kognitif terhadap lingkungan mereka. Pengetahuan yang dibentuk melalui pengalaman.

Demikian informasi mengenai solusi metode pembelajaran. Untuk melihar artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel selanjutnya mengenai tujuan pembelajaran.

Solusi metode pembelajaran | | 4.5