Tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya

Setiap orangtua perlu tahu tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya.

Tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya

Beberapa tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya.

Reaksi pada makanan biasanya timbul pada bayi dibawah usia 3 tahun. Gejalanya yaitu batuk, diare, muntah, sakit perut, infeksi telinga atau kulit muncul bintik kemerah merahan. Biasanya alergi makanan ini terjadi pada telur (atau putih telur), gandum, kacang, udang, kepiting), susu hewan, dan lainnya.

Intoleransi terhadap zat yang terkandung dalam susu sapi contohnya intoleransi laktosa yang disebabkan karena kekurangan laktase, yaitu enzim yang dihasilkan saluran cerna yang mencerna laktosa. Biasanya bayi yang memiliki alergi ini dimulai dengan riwayat keluarganya yang pernah mengalami hal ini. Ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI setelah berusia 1 tahun.

Cara mencegahnya yaitu dengan mengurangi kontak dengan penyebab alergi. Misalnya terus menjaga kebersihan tempat tidur, tempat bermain, makanan dan minumannya, dan jaga agar setiap perabotan di rumah bebas dari debu dan parasit.

Hindari anak dari terkena asap rokok karena bisa menyebabkan asma atau penyakit saluran napas pada anak.

Cukup istirahat, olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang bisa menguatkan daya tahan tubuh.

Demikian informasi mengenai Tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah.

Tanda anak memiliki resiko alergi dan cara pencegahannya | | 4.5