Tanda dan gejala ibu mengalami baby blues

Setiap ibu yang telah melahirkan perlu tahu tanda dan gejala ibu mengalami baby blues. Baby blues adalah saat ketika ibu tiba tiba merasa sedih, menangis tanpa sebab, merasa bersalah dan depresi.

Tanda dan gejala ibu mengalami baby blues

Ibu yang biasanya rentan terhadap baby blues ini adalah:

Ibu yang berusia di bawah 20 tahun.

Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Kehamilan terjadi karena  tidak direncanakan.

Pernah mengalami kecemasan dan depresi ketika hamil.

Memiliki masalah dan tempat tinggal yang membuat ibu tidak nyaman.

Kurangnya dukungan dari keluarga, teman atau pasangan.

Beberapa tanda dan gejala ibu mengalami baby blues

Gelisah, menurunnya nafsu makan, merasa tidak berguna atau bersalah, menarik diri dari orang banyak, konsentrasi menurun, tidak bersemangat, cemas berlebih, dan sulit tidur.

Ini biasanya disebabkan karena ibu merasa tidak mampu merawat diri sendiri dan bayinya, merasa takut saat berduaan saja dengan bayi, memiliki perasaan negatif terhadap bayi atau memiliki pikiran ingin melukai bayinya, dan merasa cemas berlebihan terhadap bayi atau tidak terlalu tertarik pada bayi

Jika ibu mengalami gejala gejala diatas maka bicarakan segera dengan suami, orangtua ataupun teman dan sahabat. Terutama pada orang yang pernah mengalami hal ini.

Demikian informasi mengenai Tanda dan gejala ibu mengalami baby blues. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara sehat mempersiapkan kehamilan.

Tanda dan gejala ibu mengalami baby blues | | 4.5