Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak

Banyak yang beranggapan bahwa tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak tidaklah sebanyak ibu. Semua tanggapan itu salah. Betapa banyak ayah yang hanya mencari nafkah saja sehingga anak kehilangan figur ayah dalam keluarga. Perlu diingat bahwa peran ibu dan ayah dalam mengasuh anak sama pentingnya dan tidak dapat dipisahkan.

Peran ayah sangat penting bagi anak terutama dalam perkembangan kemampuan sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan motorik anak. Jika anak banyak bermain bersama ayahnya maka perkembangan logika anak akan jauh lebih baik. Jika anak terlalu banyak bermain dengan ibu maka anak akan menjadi lebih hangat pada siapapun. Jika anak bermain dengan ayah dan ibunya maka akan berpengaruh besar pada kemampuan anak di masa depannya.

Saat anak menginjak remaja, maka ayah menjadi role-model tentang figur laki-laki, sehingga akan memengaruhi konsep diri anak. Anak akan meniru tindakan ayahnya dalam berinteraksi di lingkungan sosial maupun terhadap lawan jenisnya. Untuk remaja putri, ayah akan menjadi tolak ukur saat remaja putri mencari teman lawan jenisnya. Tetapi jika tidak ada peran ayah dalam keluarga, maka akan terjadi kenakalan remaja, kecanduan pornografi, narkoba dan pergaulan bebas.

Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak

Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak adalah seperti:

Interaksi

Interaksi fungsional seperti ayah merawat anak dalam hal yang tidak dapat dilakukan anak sendiri seperti menjaga kebersihan dan berpakaian.

Interaksi paralel yaitu interaksi ayah bersama ibu dalam merawat anak bersama sama.

Interaksi transisi yaitu ayah membimbing anak melakukan kegiatan yang satu ke kegiatan yang lain. Misalnya waktu untuk berangkat dan pulang dari sekolah.

 

Komunikasi yang lancar

Walaupun sibuk, ayah harus menyempatkan untuk berkomunikasi dengan anak meskipun hanya lewat telepon. Buat anak menyadari bahwa ayahnya selalu ada setiap hari untuk memantau perkembangannya.

 

Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak sehari hari

Ayah harus ikut membantu ibu dalam mengawas kesehatan anak, menjaga anak, berbelanja apa yang menjadi kebutuhan anak, membawa anak ke dokter dan lainnya.

Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak sehari hari

Demikian informasi mengenai tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak. Semoga artikel di atas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mengetes kehamilan secara alami tanpa testpack.

Tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak | | 4.5