Teori Bruner dalam Matematika

Teori bruner dalam matematika menjelaskan tentang:

  1. Belajar tentang konsep konsep dan struktur struktur matematika yang terdapat di dalam materi pelajaran.
  2. Mencari hubungan hubungan tentang konsep konsep dan struktur struktur matematika.

Teori bruner dalam matematika 

  1. Enactive, yakni anak anak di dalam belajarnya menggunakan manipulasi objek objek secara langsung.
  2. Iconic, yakni kegiatan anak anak mulai menyangkut mental yang merupakan gambaran dari objek objek. Pada tahap ini, anak tidak memanipulasi langsung objek objek, seperti dalam tahap enactive, melainkan sudah dapat memanipulasi dengan menggunakan gambaran dari objek.
  3. Simbolik, yakni tahap memanipulasi simbol simbol secara langsung dan tidak ada lagi kaitannya dengan objek objek.

Teori bruner dalam matematika

Teori bruner dalam matematika melingkupi 4 hal yaitu :

  1. Teorem Konstruksi : Dalam teori ini cara berpikir terbaik bagi seorang anak untuk belajar konsep dan prinsip adalah dengan mengkonstruksikan konsep dan prinsip itu. Untuk mengingat suatu gagasan, anak akan menggunakan benda benda konkret dalam merumuskan dan mengkonstruksikan gagasan gagasan kemudian mengaplikasikannya ke dalam situasi yang tepat.
  2. Teorema Notasi : Konstruksi permulaan belajar dibuat lebih sederhana secara kognitif dan dapat dimengerti lebih baik oleh anak. Dengan notasi anak diharapkan dapat mengembangkan gagasan yang berupa prinsip prinsip, bahkan kreasi dari prinsip prinsip baru.
  3. Teorema Perbedaan dan Variasi : Prosedur belajar gagasan gagasan matematika yang berjalan dari konkret menuju ke abstrak harus disertakan perbedaan dan variasinya. Suatu konsep matematika biasanya akan bermakna bagi anak jika konsep itu dibandingkan dengan konsep lain. Misalnya, bilangan prima adalah bilangan, namun bilangan ini bukan 1 dan bukan bilangan komposit.
  4. Teorema Konektivitas : Setiap konsep, struktur, dan keterampilan dalam matematika dihubungkan dengan konsep, struktur, dan ketrampilan lain. Misalnya anak mempelajari Teorema Pythagoras, maka perllu diakaitkan dengan bilangan kuadrat, akar, dan cara menyederhanakannya. Hubungan ini penting bagi pengembangan matematika dan kesadaran terhadap adanya hubungan dalam belajar matematika, karena materi matematika pada umumnya saling berkaitan.

Demikianlah informasi mengenai teori bruner dalam matematika. Untuk melihat artikel terbaru, silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai teori dienes dalam matematika.

Teori Bruner dalam Matematika | | 4.5