Zat penambah daya tahan tubuh anak

Setiap orangtua perlu tahu zat penambah daya tahan tubuh anak agar kekebalan tubuhnya menjadi penolak beberapa penyakit yang mungkin membahayakannya.

Zat penambah daya tahan tubuh anak

Beberapa zat penambah daya tahan tubuh anak.

Flavonoids. Ini adalah zat sejenis pigmen yang mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Zat ini banyak terdapat pada biji kedelai.

Spirulina. Ini adalah mikroalga yang berwarna biru dan merupakan sumber protein tinggi. Zat ini kaya akan vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, seng, selenium, zat besi, dan gamma linoleic acid (GLA). Biasanya zat ini banyak terkandung dalam suplemen.

Zinc atau seng. Anda bisa mendapatkan zat ini dengan mengkonsumsi ikan, daging, telur, inti biji buah aprikot serta buah cemara. Namun banyak suplemen kesehatan yang mengandung zat ini.

Madu. Madu bisa melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit seperti penyakit lambung dan saluran penpencernaanan; penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), batuk dan demam, penyakit jantung, hati, paru, dan penyakit-penyakit yang dapat mengganggu mata, telinga, dan syaraf.

Omega 3 yang bisa didapat dari minyak ikan mengandung asam lemak yang bisa membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita. Anda bisa mendapatkan zat ini dengan mengkonsumsi salmon, tuna (khususnya tuna sirip biru, tuna sirip kuning, dan albacore), sardin, herring, makerel, dan kerang-kerangan.

Prebiotik. Ini adalah zat yang bisa menumbuhkan bakteri baik dalam saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya alergi dalam tubuh anak. Sumber makanan yang bisa dikonsumsi yaitu gandum, bawang, pisang, bawang putih, madu, dan kacang-kacangan.

Kalsium adalah zat yang membuat perlawanan terhadap bermacam-macam kuman dan menelan berbagai benda asing yang berada dalam tubuh. Sumber kalsium yaitu udang, daging sapi, kuning telur, ikan, susu, brokoli, daun singkong, daun pepaya, dan bayam, biji kenari, wijen, almon, kacang kedelai, dan kacang merah.

Vitamin C sangat berperan untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Demikian informasi mengenai Zat penambah daya tahan tubuh anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menikmati liburan dengan anak.

Zat penambah daya tahan tubuh anak | | 4.5